Santri Kelas Akhir Madrasah Salafiyah Jalani Ujian Munaqosyah

0
296

Dalam rangka evaluasi hasil belajar santri Madrasah Salafiyah Jum’at Malam (08/03) Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan sedang melangsungkan kegiatan Munaqasyah santri kelas akhir Madarasah Salafiyah baik tingkat MTs maupun MA.

Kegiatan ini akan berlangsung mulai tanggal 08 hingga 13 Maret 2019 di gedung Aula bagi santri putra dan Madrasah Super bagi santri putri.

Peserta ujian munaqosyah sebelumnya telah mengikuti bimbingan dari guru fak selama beberapa pekan. Dalam prakteknya, para santri memasuki ruang imtihan dan diuji oleh empat orang penguji yang sebagian besar adalah ustadz senior Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan.

Materi standar yang diujiakan yaitu membaca kitab Fathul Qorib Al Mujib atau taqrib, meliputi pembacaan kitab, pemahaman kitab, penguasaan ilmu alat ( Nahwu, Shorof, Balaghoh), Qowaid Al Fiqhiyah dan Murod ( Penjabaran) serta Al Qur’an.

Imtihan munaqosyah yang dilaksanakan sejak tahun 2006 silam itu, mampu meningkatkan kualitas santri dalam membaca kitab dan menguasai literatur kitab kuning. Imtihan ini juga sebagai syarat wajib untuk dapat mengikuti Imtihan Cawu III yang akan digelar dalam waktu dekat.

Majlis Ma’arif memberikan predikat kelulusan bagi santri terdiri dari predikat Mumtaz ( Lulus dengan Hasil Istimewa), Maqbul ( Lulus ) dan Mardud ( Tidak Lulus).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.