Cara Perpanjangan SIM C di Pacitan

0
1468
Ilustrasi
Berbagi Pengalaman Perpanjangan SIM C di SATPAS Pacitan, siapa tahu bermanfaat.
Untuk perpanjangan SIM, pastikan jangan sampai telat, cek masa berlaku SIM kita lalu usahakan melakukan perpanjangan sebelum akhir masa berlaku. Karena kalau sampai telat kita harus mengurus seperti prosedur membuat SIM baru.
Untuk mengurus perpanjangan SIM di SATPAS (Satuan Penyelenggara Administrasi) Polres Pacitan siapkan syaratnya dulu yaitu KTP dan SIM lama, asli semua ya.
SIM dan KTP difotocopy dulu. Untuk lebih mudah silahkan fotocopi di fotocopy belakang Taman Makam Pahlawan (samping warung pecel), karena petugas sudah paham betul. Tinggal serahkan KTP sama SIM terus bilang buat perpanjangan SIM maka petugas akan mengcopy sesuai kebutuhan sekaligus dapat MAP khusus untuk urus SIM. Biaya fotocopy dan beli map: 5.000,-
Setelah itu menuju lokasi tes kesehatan yang berlokasi di selatan masjid besar. Serahkan fotocopy KTP dan SIM dalam map khusus tadi ke petugas. Lalu kita antri menunggu panggilan petugas. Setelah dipanggil kita akan dites kesehatan oleh petugas. Biaya tes kesehatan: 20.000,-
Setelah dapat surat keterangan sehat, berkas-berkas selanjutnya di bawa menuju SATPAS di Mapolres Pacitan. Masuk Polres lewat pintu barat, lapor dulu dengan petugas jaga. Nanti kita akan ditanya keperluannya. Selanjutnya kita akan diberi kartu tamu dan harus meninggalkan KTP di Pos Penjaga.
Selanjutnya kita menuju loket pendaftaran. Ambil dulu formulir di loket pendaftaran, lalu isi sesuai formulirnya sesuai data kita. (contoh banyak tersedia disitu). Setelah selesai diisi, formulir dimasukkan ke map beserta berkas lain, lalu masukkan di keranjang berkas di loket pendaftaran.
Kita harus antri lagi untuk nunggu dipanggil. Begitu ada panggilan kita menuju loket pembayaran untuk membayar biaya perpanjangan 105 ribu. Di loket pembayarn ini SIM lama kita diminta petugas.
Setelah bayar kita mendapat tanda bukti dan oleh petugas kita disuruh ambil nomor antrian di samping loket pembayaran. Lalu kita antri lagi untuk proses identifikasi dan foto SIM. Begitu nomor antrian kita dipanggil, langsung saja menuju ruang foto SIM. Serahkan tanda bukti pembayaran yg kita peroleh diloket pembayaran tadi beserta nomor antrian ke petugas. Disitu kita akan diidentifikasi sidik jari, tanda tangan digital dan difoto.
Setelah selesai pemotretan kita akan disuruh untuk kembali ke ruang tunggu untuk menunggu SIM jadi. Kalau SIM sudah jadi nanti nama kita akan dipanggil petugas untuk menerima SIM.
Nah Cuma begitu saja. Untuk lama pelayanan tergantung banyak sedikitnya antrian.
Total biaya yang dikeluarkan:
– Fotocopy dan map : 5.000,-
– Tes Kesehatan : 20.000,-
– Biaya perpanjangan SIM C : 105.000,-
Total: 130.000,-
Jam pelayanan di SATPAS Polres Pacitan
senin-kamis: 08.00-12.00
Jumat: 08.00-11.00
Sabtu: 08.00-10.00
Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here