Pertempuran Sengit Meletus Di Bandara Donetsk, Ukraina

0
80

[DONETSK] Pasukan Ukraina melancarkan serangan udara untuk merebut kembali bandara Donetsk, Ukraina timur, yang dikuasai kelompok pemberontak pro-Rusia.

Pertempuran sempat berlangsung sengit walau berkurang saat memasuki Senin 26 Mei waktu setempat.

Ledakan dan tembak-menembak yang berkepanjangan terdengar, sementara asap hitam membumbung ke udara.

Pesawat tempur, helikopter bersenjata, dan pasukan darat yang bersenjata berat diluncurkan untuk menguasai kompleks bandara.

Sementara itu, Petro Poroshenko- yang diperkirakanterpilih sebagai Presiden Ukraina yang baru – mengungkapkan keinginan untuk berunding dengan Rusia guna mengakhiri krisis di bagian timur negara itu.

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, mengatakan pemerintah Moskow suap terbuka untuk berdialog dengan Poroshenko namun aksi militer atas gerakan separatisme harus dihentikan.

Poroshenko meraih 54% suara dari 90% suara yang sudah dihitung dalam pemilihan umum Minggu (25/5) sementara saingannya, Yulia Tymoshenko, meraih 13% suara.

Dia mengharapkan bertemu dengan para pemimpin Rusia awal bulan depan setelah kunjungan ke Polandia untuk bertemu dengan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, dan para pemimpin Uni Eropa.

Krisis di Ukraina berawal dari digulingkannya presiden Ukraina yang pro-Rusia yang diikuti dengan Krimea yang memilih untuk bergabung dengan Rusia.

Beberapa wilayah di Ukraina timur juga ingin mengikuti langkah Krimea. [BBC/L-8]suarapembaruan.com

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here