Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu

0
47

Senin, 15 Oktober 2018 Bawaslu Kabupaten Pacitan menghadiri acara Deklarasi Pemilu Damai yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Pacitan yang bertempat di Kanot KPU Kabupaten Pacitan. Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Bawaslu, Polres Pacitan, Kodim 0801, Bakesbangpol, Perwakilan seluruh Partai Politik di Kabupaten Pacitan, perwakilan caleg dan pemerhati pemilu diantaranya mahasiswa dan masyarakat.
Dalam pembacaan teks Deklarasi tersebut dipimpin oleh Agus Hariyanto Komisioner Bawaslu Kabupaten Pacitan Divisi Hukum Data dan Informasi dan ditirukan oleh perwakilan dari Partai Politik peserta pemilu Tahun 2019 Kabupaten Pacitan yang dilanjutkan dengan penandatanganan Deklarasi.
Acara tersebut juga dirangkaikan dengan forum warga cangkrukan yang disiarkan secara live oleh Radio Suara Pacitan yang dipandu oleh moderator dengan narasumber dari KPU, Bawaslu, Bakesbangpol dan Polres Pacitan. Kegiatan tersebut berlangsung dengan seru karena banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh undangan yang diantaranya tergabung dalam grup “Mukidi”. Pertanyaan-pertanyaan juga dapat dijawab oleh narasumber baik dari KPU dan Bawaslu dengan sangat memuaskkan.
Salah satu pertanyaan adalah dari Ketua PMII Kabupaten Pacitan, Rojihan yang menanyakan tentang aturan bagi Caleg yang berkampanye dengan menggunakan Medsos (media sosial).
Pertanyaan tersebut dijawab oleh Ketua KPU Kabupaten Pacitan, Damhudi, bahwa akun-akun tersebut harus didaftarkan ke KPU dan sebagai bahan pengawasan oleh Bawaslu. Kemudian Bawaslu juga menanggapi bahwa akun-akun yang didaftarkan tersebutlah yang nantinya akan diawasi oleh Bawaslu, sedangkan untuk akun yang tidak didaftarkan itu sesuai dengan Undang-undang bukan kewenangan dari Bawaslu lagi, terang Agus Hariyanto Bawaslu Pacitan Kordiv Kumdatin. Di akhir acara ditutup dengan beberapa masukan oleh narasumber salah satunya dari Dandim 0801 Pacitan yang berharap agar Pemilu 2019 di Kabupaten Pacitan bejalan dengan damai dan lancar tanpa ada politik uang dan permasalahan yang dapat memecah belah masyarakat di Pacitan. (Yul/PHL)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here