Cetak Pramuka Yang Produktif

0
6

Tidak sekedar mengajarkan ilmu kepanduan, gerakan pramuka masa sekarang harus lebih inovatif dengan menciptakan kegiatan-kegiatan yang produktif. Pramuka harus membekali diri dengan sumber daya manusia yang unggul untuk menjawab tantangan perkembangan jaman serta fenomena perubahan alam.

Pernyataan itu disampaikan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Jawa Timur Kakak H.A Arum Sabil usai melantik Majelis Pembimbing Cabang, Pimpinan Kwartir Cabang Antar Waktu, Majelis Pembimbing Ranting dan Majelis Pembimbing Gugus Depan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Pacitan di Pendopo Kecamatan Nawangan, Kamis (27/01).

Menurut Arum Sabil, saat ini bumi menghadapi persoalan yang serius. Perubahan iklim serta laju pertumbuhan penduduk yang kian menanjak berimbas langsung dengan semakin meningkatnya kebutuhan. Baik sandang, papan serta kebutuhan-kebutuhan hidup lainnya. Berangkat dari persoalan tersebut Pramuka harus membekali diri dengan kemampuan serta inovasi yang cukup.

“Tentunya, kegiatan pramuka yang riang gembira tetap kita laksanakan namun dibalik kegiatan-kegiatan itu mari kita isi dengan kegiatan yang produktif karena kita ingin pramuka menjadi garda terdepan delam situasi dan kondisi apapun,” katanya.

Sementara, Bupati Pacitan yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Pacitan Kakak Indrata Nur Bayuaji menguatkan betapa pentingnya gerakan pramuka. Bahkan, orang nomor satu di Pacitan itu minta seluruh elemen majelis pembimbing gugus depan istiqomah mendorong dan menyebarkan gerakan pramuka diseluruh penjuru Pacitan.

Pelantikan Majelis Pembimbing Cabang, Pimpinan kwartir Cabang Antar Waktu, Majelis Pembimbing Ranting dan Majelis Pembimbing Gugus Depan Kwartir cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Pacitan kali ini berbeda karena dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Nawangan. Untuk sementara semua kegiatan pemerintahan berpindah ke wilayah kecamatan yang memiliki nilai sejarah perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman tersebut. Dalam dua hari kedepan Bupati Indrata Nur Bayuaji akan berkantor di Kecamatan Nawangan. (Prokopim Pacitan/Pemkab Pacitan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.