Jadi BLUD Plus Yang Pertama di Jawa Timur

0
191

SMKN 2 Donorojo, Pacitan menjadi yang pertama penyandang predikat Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Plus di Jawa Timur (Jatim). Dengan titel tersebut, salah satu sekolah kejuruan diwilayah barat kota kelahiran Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono ini berhak mengelola pendapatan dari proses usaha yang dihasilkan. “Hari ini di Jawa Timur ada 20 SMK BLUD. Tapi yang plus itu yang baru di Donorojo ini lho,” kata Gubernur Khofifah Indar Parawansa saat penandatanganan piagam serah terima gedung SMKN 2 Donorojo dan penandatanganan nota kesepahaman antara Yayasan Pendidikan ASTRA Michael D Ruslim dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jatim di Desa Kalak, Donorojo, Minggu (7/7/2019). Kategori plus yang disematkan itu karena ada salah satu jurusan, yakni agribisnis pengolahan hasil pertanian (APHP), yang mengolah kelapa menjadi virgin coconut oil (VCO) serta produk turunan lainnya mendapatkan dukungan dari pihak swasta.

Mantan Menteri Sosial ini pun lantas berharap agar inisiasi di sekolah ini akan mendorong semangat masyarakat. Tidak hanya dilokasi sekolah saja, tetapi seluruh masyarakat di Kabupaten Pacitan. Karenanya ia berkeinginan agar proses pendampingan dari pihak yayasan tidak lantas berhenti begitu saja. Namun tetap berkelanjutan sampai pada jejaring pasar. Terlebih diera teknologi informasi seperti sekarang, celah pasar sangat terbuka lebar. Tidak hanya nasional saja, tetapi juga dunia. “Hari ini tidak susah untuk itu (mencari pasar produk). Asal kualifikasinya terpenuhi. Ada format-format digitalisasi ekonomi, finansial teknologi memungkinkan, dengan akses yang bisa dibantu oleh Astra, VCO untuk dijual. Apalagi kalau penjualan secara online itu sudah memungkinkan, maka pasar itu begitu terbuka. Tidak hanya regional, nasional, tetapi juga internasional,” harapnya.

Usai kegiatan tersebut, Gubernur dan Bupati Pacitan bersama Forkopimda kemudian memberikan bantuan air bersih kepada warga yang mengalami kekeringan. Penyerahan dilakukan secara simbolis di Dusun Dokwaru, Desa Bomo, Punung. (arif/danang/pranoto/katwadi/humaspacitan)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here