Kegiatan Posyandu Dusun Sendi Desa Bangunsari Kecamatan Bandar Pacitan

0
145
Kegiatan Posyandu Dusun Sendi Desa bangunsari
Dusun Sendi, Posyandu adalah suatu wadah komunikasi alih teknologi dalam pelayanan kesehatan masyarakat dari Keluarga Berencana dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat dengan dukungan pelayanan serta pembinaan teknis dari petugas kesehatan dan keluarga. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang biasa dilaksanakan di Dusun Sendi Desa Bangunsari. Posyandu merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat Dusun Sendi di bidang kesehatan dengan penanggung jawab tertinggi Kepala Dusun Sendi hingga Kepala Desa Bangunsari.
Petugas kesehatan yang memfasilitasi kegiatan posyandu Dusun Sendi adalah bidan desa, dikarenakan hanya terdapat seorang bidan di Dusun ini itupun masih masuk dalam Bidan Desa Bangunsari, akan tetapi bidan sudah cukup memadai untuk berjalannya kegiatan posyandu setiap bulannya, dengan bantuan beberapa ibu ibu PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga.

Kepala Dusun Sendi Membantu Kegiatan Posyandu
Dusun Sendi melaksanakan kegiatan tersebut secara rutin di seluruh wilayah Pemerintahan Dusun Sendi Desa Bangunsari, yang di Fasilitasi dari petugas PKD ( Poliklinik Kesehatan Desa ) dan petugas kesehatan Puskesmas dibantu oleh para Kader Posyandu di wilayah masing – masing.
Desa Bangunsari Bandar Pacitan melakukan kegiatan posyandu dibagi berdasarkan jadwal setiap wilayah (dusun), maka setiap bulannya dilakukan kegiatan posyandu per wilayah (dusun) satu kali, terdapat 6 dusun kelompok Posyandu di desa Bangunsari. Kegiatan posyandu biasanya dilakukan pada awal bulan antara minggu pertama dan kedua. Seperti halnya di Dusun Sendi, Karena sudah tersedianya fasilitas umum masyarakat yaitu Balai Dusun, kegiatan posyandu dapat dilakukan di sini.

Kegiatan Posyandu Pegiringan terdiri dari kegiatan utama dan kegiatan pengembangan. Kegiatan utamanya, yaitu :
1. Kesehatan ibu dan anak
2. Keluarga berencana
3. Imunisasi
4. Giz
5. Pencegahan dan penanggulangan penyakit.
Dengan demikian, diharapkan data kondisi kesehatan masyarakat di wilayah Pemerintah Dusun Sendi Desa Bangunsari Kecamatan Bandar Pacitan dapat selalu diketahui dengan akurat dan baik. Semoga dengan diadakannya kegiatan POSYANDU secara rutin dan merata di Dusun Sendi ini, kondisi kesehatan masyarakat dapat terus terjamin sesuai dengan tujuan dan harapan.
(ofk)
Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here