KPU Kabupaten Pacitan Resmikan Rumah Pintar Pemilu ” PACE”

0
102

PACITAN- Komisi Pemilihan Umum ( KPU) ” PACE ” Kabupaten Pacitan mendirikan Rumah Pintar Pemilu yang akan diresmikan,pada Kamis (30/03/2017)
Dalam sambutannya, Damhudi Ketua KPU Pacitan “Rumah Pintar Pemilu ” PACE” menyatu dengan Kantor KPU, saat ini sedang dalam tahap penyelesaian dan ini program serentak yang tujuannya pembelajaran tata cara pemilu dan pemahaman pemilu,” tandasnya.
Ditambahkannya, Rumah Pintar Pemilu merupakan bagian dari upaya KPU dalam melakukan pendidikan pemilih kepada masyarakat. Rumah Pintar Pemilu (RPP) merupakan Program Nasional yang diwajibkan oleh KPU RI kepada seluruh KPU di Indonesia. RPP ini berfungsi untuk menginformasikan sejarah Pemilu di Kabupaten Pacitan, serta eksistensi KPU, dan menginformasikan berkaitan dengan pemilihan umum, RPP Bukan sekedar Rumah pintar saja, akan tetapi bisa untuk saling bertukar pikiran bersama,” katanya.
Ia menyebutkan, di Rumah Pintar Pemilu terdiri atas, ruang simulasi, ruang display (pameran) perangkat pemilu berkaitan dengan data statistik, dan studio mini untuk pemutaran film serta diorama TPS atau sejarah pemilu pada masa lalu,” imbuhnya.
Nantinya sasaran Rumah Pintar Pemilu adalah memberikan pendidikan pemilu kepada pemilih (pelajar SLTA dan umum) dan pra pemilih (pelajar dari SD hingga SMP).
“Targetnya, diharapkan mereka memiliki pemahaman bisa menyelenggarakan pemilu,” katanya.

Proses pembangunan Rumah Pintar Pemilu hanya berlangsung selama satu bulan. Pada saat diluncurkan nantinya, KPU Kabupaten Pacitan mengundang sejumlah sekolah yang sudah pernah menyelenggarakan e-voting Ketua OSIS serta sejumlah perguruan tinggi.
“Juga terbuka bagi masyarakat umum, jika ingin melihat Rumah Pintar Pemilu cukup datang ke KPU Kabupaten Pacitan, atau mendaftarkan diri melalui website KPU, gratis tidak dipungut biaya,” katanya.

Bupati Pacitan Indartato juga menyampaikan ” permasalahan kantor Rumah Pintar Pemiliu “PACE” nanti akan kita rapatkan bersama, saat ini kantor KPU yang sekarang masih aset Pemda mungkin akan di hibahkan ke KPU untuk Rumah Pintar Pemilu ” PACE” agar bermanfaat bagi masyarakat,” sampai Bupati. (Bc)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here