Masyarakat Dipermudah Untuk “Wadul”

0
93

Upaya Pemerintah Kabupaten Pacitan menjembatani keluh kesah masyarakat dalam pelayanan publik membuahkan inovasi. Melalui aplikasi Wadule (Wadah Aspirasi Pengaduan Layanan Secara Elektronik) Pacitan warga kini dapat melaporkan permasalahan layanan publik yang mereka temui secara online. “Kita telah mendapatkan penghargaan PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) Award yang dilaksanakan oleh Komisi Informasi Jawa Timur. Ini harus kita jaga terus,” kata Bupati Indartato ketika meluncurkan aplikasi tersebut di pendapa kabupaten, Rabu (14/3/2018).

Wadule merupakan aplikasi yang terhubung dan terintegrasi dengan Lapor SP4N (Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional). Sebuah sistem yang terintegrasi dalam pengelolaan pengaduan secara berjenjang pada setiap Penyelenggara dalam kerangka sistem informasi pelayanan publik.

Lebih lanjut bupati menyampaikan keterbukaan informasi publik menjadi representasi dari demokrasi. Dimana partisipasi masyarakat adalah salah satu tolok ukur keberhasilannya. Artinya, semakin tinggi angka peran aktif masyarakat, maka akan berbanding lurus dengan masukan-masukan yang akan diperoleh pemerintah dalam bentuk aspirasi publik. “Pelayanan publik diatur dalam undang-undang 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik,” ucap dia.

Bupati menyampaikan, transparansi merupakan bagian dari pertanggungjawaban pemerintah kepada masyarakat serta manajemen pemerintahan. Sebab APBD bersumber dari uang rakyat.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kominfo Widy Sumardji menjelaskan, jika Wadule Pacitan dapat menjadi wadah penyaluran aspirasi masyarakat yang belum tertampung dalam agenda-agenda resmi. Selain itu juga dapat digunakan kepala daerah untuk memantau kemajuan laporan dari masyarakat. “Salah satu pertimbangan dimunculkannya aplikasi itu karena setiap kali bupati melakukan kunjungan ke wilayah-wilayah, ada interaksi yang cukup akrab antara bupati dan masyarakat,” jelasnya.

Aplikasi Wadule selain bisa diakses melalui situs www.wadule.pacitankab.go.id juga tersedia versi android yang bisa diunduh di playstore.

(arif/nasrul/tarmuji taher/sopingi/humaspacitan)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here