Mobil Dinas dan Angkutan Lebaran Bakal Jalani Uji Emisi

0
42

Seluruh mobil dinas milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan bakal menjalani uji emisi gas buang. Demikian pula dengan armada angkutan mudik lebaran. Jika pengujian untuk kendaraan plat merah dilakukan di Dinas Lingkungan Hidup, maka untuk plat kuning digelar di terminal bus Pacitan. “Kita ingin menjadi contoh masyarakat untuk menaati aturan yang berlaku,” kata Bupati Indartato disela-sela proses uji emisi kendaraan dinasnya di kantor Dinas Lingkungan Hidup, Rabu (6/7/2018). Menurutnya uji kadar gas buang kendaraan bermotor dilakukan secara rutin dan berkala. Tujuannya untuk mengetahui apakah hasil pembakaran dari mesin-mesin tersebut masih aman atau telah melampaui batas aman seperti yang disyaratkan. Jika ternyata hasilnya tidak baik, maka kendaraan menjadi tidak laik jalan. “Karena hasil pembakarannya mengandung partikel berbahaya dan menjadi salah satu zat polutan. Jika ada yang rusak (komponen mobil dinas) yang rusak, ya harus diperbaiki,” ujar dia.

Kendaraan bermotor mengeluarkan berbagai jenis gas maupun partikel yang terdiri dari berbagai senyawa anorganik dan organik dengan berat molekul yang besar yang dapat langsung terhirup melalui hidung, dan memengaruhi masyarakat yang berada dijalan raya dan sekitarnya. Sehingga masyarakat sekitar masyarakat jalan raya dan atau mereka yang melakukan kegiatan dijalan raya dengan kondisi lalu lintas padat, seperti para pengendara bermotor, pejalan kaki, polisi lalu lintas, dan penjaja makanan sering terkena dampak asap kendaraan bermotor yang mengandung bahan pencemar.

Uji emisi sendiri adalah pengukuran gas buang kendaraan bermotor untuk mendeteksi kinerja mesin kendaraan. Berikut manfaat yang didapat dari uji emisi; pemilik kendaraan dapat mengetahui tingkat efektivitas proses pembakaran bahan bakar pada mesin mobil setelah dilakukan analisa kandungan CO2 dan HC dalam gas buang, membantu pemilik mobil menyetel campuran udara dan bahan bakar secara tepat, mengetahui kinerja mesin mobil dalam kondisi baik atau tidak, mengirit bahan bakar serta mengoptimalkan tenaga mesin mobil, serta lingkungan akan sehat karena udara bersih. (arif/nasrul/tarmuji)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here