Pacitan Menuju Icon Budaya Kethek Ogleng

0
109

Pemerintah pastikan tahun 2020 kesenian Kethek Ogleng menjadi icon kebudayaan Kabupaten Pacitan. Serta tahun 2019 Pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mewajibkan seluruh sekolah di Kecamatan Nawangan dari tingkat SD dan SMP untuk mengadakan Ekstrakurikuler. “Mudah-mudahan terwujud sebagai icon,” kata Bupati pada acara Festival Budaya Tari Kethek Ogleng Ke-2 Dalam Rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Kethek Ogleng Ke-56 kemarin 14/10/2018.

Pada kesempatan itu Bupati juga mengapresiasi Sutiman pencipta kesenian Kethek Ogleng, yang bersedia iklas mengajarkan kesenian tersebut kepada masyarakat Tokawi dan Pacitan. “Ini adalah pembelajaran bagi kita semua,” tuturnya.

Kegiatan ini melibatkan 165 penari dari siswa dan siswi SD, SMP di Kecamatan Nawangan. Ribuan masyarakat memadati komplek Monument Jendral Sudirman. Sutisman selaku Ketua Sanggar Condro Wanoro mengatakan, dari kegiatan ini pihaknya berharap agar Kethek Ogleng dapat benar-benaar berkembang dan hidup ditengah-tengah masyarakat di Pacitan.

Pemerintah berencana untuk festival ke-3 akan dihandle langsung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Serta akan ditambah jumlah pesertanya, menjadi 500 peserta. Selain itu setiap Desa di Kecamatan Nawangan akan dibangun patung Kethek Ogleng. (Budi/Anjar/Riyanto/DiskominfoPacitan).

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here