PDDI: Tantangan Berat Ditengah Pandemi

0
7

Hendarti Gagarin menjadi nahkoda baru Persatuan Donor Darah Indonesia (PDDI) Cabang Pacitan masa bhakti 2021-2026. Isteri Wakil Bupati Pacitan Gagarin itu menggantikan kepemimpinan PDDI sebelumnya, Luki Indartato yang telah mengabdi selama 10 tahun (2014-2021).

Pelantikan pengurus PDDI Cabang Pacitan baru dilakukan langsung Ketua PDDI Provinsi Jawa Timur di Pendopo Kabupaten. Turut menyaksikan, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji bersama Wakil Bupati Gagarin serta Sekda Pacitan yang juga Ketua PMI Pacitan Heru Wiwoho.

“Kebutuhan akan darah ini sangat penting apalagi ditengah pandemi seperti saat ini. Untuk itu kita minta pengurus di daerah bekerja lebih giat”, kata Ketua PDDI Jatim Arnold W Mangundap, Selasa (22/06).

Arnold memaklumi jika situasi pandemi seperti saat ini muncul ketakutan dari sebagian peserta aktif maupun calon untuk mendonorkan darah. Ada kekhawatiran terpapar virus karena melakukan tranfusi jarum suntik saat donor. Untuk itu, Ia minta pengurus baru intens melakukan sosialisasi serta memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa donor darah aman.

Sementara, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji memberikan dukungan penuh kepada para pegiat kemanusiaan termasuk pengurus PDDI Pacitan. Menurutnya, kedepan PDDI akan mengahadapi tantangan yang lebih berat. Kebutuhan akan darah semakin banyak ditambah lagi ragam penyakit terus bermunculan dan berkembang, seperti covid 19 yang saat ini melanda dunia.

“Kerja ini lebih susah dibanding pekerjaan lain yang bisa diintervensi dengan anggaran karena ini menyediakan ketahanan darah untuk kemanusiaan”, kata Bupati.

Untuk itu Bupati berpesan kepada semua elemen untuk turut serta dan saling bekerjasama dalam menjalankan pekerjaan mulia ini. Mantan ketua DPRD Pacitan itu yakin dengan niat, dan semangat yang sama tujuan itu akan tercapai. Sejauh ini ketersediaan darah di Pacitan masih cukup baik dengan capaian 500 kantong per bulan. (Humas Pacitan)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.