Pemuda Harus Multi Kapasitas

0
43

Para pemuda masa kini harus menguasai banyak hal. Agar mampu berperan aktif dalam percaturan dunia. Itu disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Indartato pada upacara Hari Sumpah Pemuda ke-91 dan hari jadi Provinsi Jawa Timur ke-74 di halaman pendapa kabupaten, Senin (28/10/2019). “Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja,” katanya.
Selain itu pemuda juga beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas. Tidak itu saja, mereka juga diharapkan memiliki kapasitas intelektual dan kemampuan kepemimipinan, kewirausahaan, serta kepeloporan yang mumpuni.

Tahun ini peringatan Sumpah Pemuda mengambil tema “Bersatu Kita Maju.” Satu tema untuk mengaskan kembali koniitmen yang teiah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan cita-cita bangsa dapat diwujudkan.

Terkait hari jadi Jatim, dengan semangat Nawa Bhakti Satya, untuk Jawa Timur Maju Sejahtera, ada sembilan poin yang diaktualkan sebagai bagian dari bakti kepada masyarakat. Yakni ; Jatim Sejahtera, Kerja, Cerdas dan Sehat, Akses, Berkah, Egro, Berdaya, Amanah, serta Harmoni. Ke-9 hal tersebut menjadi perhatian dalam upaya mewujudkan kawasan ujung timur Pulau Jawa ini sebagai wilayah maju sejahtera dan berkeadilan.
Pada kesempatan ini pula diserahkan penghargaan untuk sejumlah pemuda berprestasi dan OPD penerima penghargaan Pandu Negeri. Penghargaan itu diraih Kabupaten Pacitan melalui inovasi dari Bappeda dengan program Grindulu Mapan, Dukcapil (Predator), dan Dinas Pendidikan. (arif/juremitomas/humaspacitan).

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here