Peralatan Listrik Rentan Picu Kebakaran

0
96

kebakaran yang terjadi di perumahan atau lingkup industri ditengara terjadi karena faktor kesalahan manusia. Utamanya pada penggunaan alat-alat dengan sumber daya utama listrik. “Jangan hanya diberi pelatihan penggunaan alat-alat pemadam kebakaran saja, tetapi juga pelatihan pencegahan kebakaran. Semisal instalasi listrik yang aman,” ujar Sekretaris Daerah Suko Wiyono didepan para peserta sosialisasi pencegahan bahaya kebakaran di balai Kelurahan Ploso, Pacitan, Kamis (20/9/2018).

Menurut Sekda, kegiatan semacam ini tergolong mulia. Karena menularkan ilmu dan pengetahuan kepada khalayak. Pengetahuan praktis semacam itu akan dapat langsung dirasakan masyarakat ketika berhadapan langsung dengan sebuah peristiwa darurat. Tidak hanya tentang kebakaran saja. Tetapi juga hal-hal lain.

Terkait kebakaran, Sekda mengungkapkan, biasanya disebabkan karena keteledoran manusia. Sehingga akan lebih baik jika informasi terkait pencegahan kebakaran bisa disampailan ke perangkat desa, untuk diteruskan ke masyarakat. “Sosialisasi akan lebih efektif per wilayah kecamatan. Sehingga bisa diikuti desa dan perangkat, serta instansi di wilayah kecamatan tersebut,” ungkap dia.

Kasatpol PP Widy Sumardji menjelaskan, tujuan digelarnya kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kompetensi personil pemadam kebakaran. Para peserta tidak hanya berasal dari personil Damkar pemkab saja. Tetapi juga para anggota satuan pengaman lingkup perangkat daerah dan swasta. “Jumlahnya sebanyak 50 orang,” jelasnya. (arif/nasrul/tarmuji taher/danang/humaspacitan).

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.