Sekda adalah juru masak

0
249

Heru Wiwoho resmi dilantik menjadi Sekretaris Daerah Kabupaten Pacitan yang baru. Ia menggantikan pejabat sebelumnya, Suko Wiyono yang purna tugas. “Karena tugasnya (sekretaris daerah) adalah sebagai juru masak. Harus betul-betul berperan dan bisa memimpin semua aparat yang ada di pemerintahan daerah,” kata Bupati Indartato usai pelantikan di pendapa kabupaten, Jumat (1/11/2019).

Istilah “juru masak” diberikan karena seorang sekretaris daerah adalah peramu, yang meracik berbagai kebijakan pemerintah sebagai pembantu bupati dan wakil bupati menjalankan roda pemerintahan. Baik lingkup internal maupun eksernal. Seperti dengan lembaga legislatif maupun kebijakan pelayanan kepada masyarakat.

Karenanya, usai dilantik, Indartato berharap kepada pejabat baru itu untuk dapat mempertahankan prestasi yang telah diraih sebelumnya. Salah satunya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terkait pengelolaan keuangan daerah.

Tidak itu saja seorang sekda, bersama bupati dan wakil bupati, juga harus dapat menerjemahkan dan mengimplementasikan visi maupun misi kepala daerah seperti tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) melalui program-program pembangunan. “Beberapa hal yang harus selesaikan termasuk pengurangan angka kemiskinan. Termasuk angka kematian bayi, angka kematian ibu melahirkan dan sebagainya,” harapnya.

Heru Wiwoho terpilih menggantikan Suko Wiyono setelah menempati rangking teratas dalam seleksi yang digelar sebelumnya. Suami dari Siti Ulfah ini mengungguli tujuh orang kandidat lain. Sebelumnya Heru Wiwoho pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Bappeda dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan (arif/danang/juremitomas/humaspacitan).

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.