Tutut Berpartisipasi Dalam Dunia Pendidikan

0
21

Risma Indriani tak kuasa menahan air matanya, tangisan itu pecah saat penutupan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Dinas Kominfo (Diskominfo) Pacitan. Siswa SMK N Pringkuku tersebut merasa waktu enam bulan yang ditentukan untuk PKL terasa singkat. “Karyawan dan karyawati sudah seperti keluarga sendiri,” ujarnya.

Banyak yang di peroleh selama PKL di Diskominfo kata Risma, mulai pengenalan teknis dasar komunikasi, baik dari pemanfaatan SID hingga pengisiannya mulai Pembuatan artikel, di dalamnya penggalian data hingga memaksimalkan teknik fotografi. “Kita juga didorong membuat sistem kerja, sehingga kita dapat bekerja tanpa perintah,” katanya.

Risma dan 15 rekan satu praktiknya dari berbagai sekolah kejuruan di Pacitan selain bertugas di kantor juga berkesempatan membagikan ilmu di Kantor Desa dan Kelurahan yang terpilih di Kabupaten Pacitan, guna memaksimalkan aplikasi SID yang ada.

“kita manfaatkan teman-teman untuk membangun kota kelahirannya dengan skill yang dimiliki, dan dipertajam selama satu hingga dua bulan mendapat pembekalan teknis entri data kependudukan, publikasi desa dan administrasi, juga wajib eksplorasi potensi yang ada, untuk pemkasimalan,” ujar Wira Swastika Staf dan koordinator PKL 02/03/19.

Dalam setahun ratusan siswa siswi dan mahasiswa dari berbagai kota memperoleh kesempatan menambah pengalaman di Diskominfo, komitmen tersebut merupakan upaya nyata untuk mendukung dunia pendidikan khususnya SMK dalam menyongsong revolusi industri 4.0 dengan berbagai potensi dan resiknya. “ini peting bagi mereka,” ungkap orang nomor satu di Diskominfo Rachmad Dwiyanto. (budi/anjar/riyanto/wira/DiskominfoPacitan).

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here