Ziarah Makam Digelar Serentak

0
98

Ziarah ke tiga makam sesepuh Kabupaten Pacitan dalam rangkaian hari jadi kabupaten ke-273 digelar serentak. Tiga lokasi makam itu berada di Desa Widoro, Tanjungsari, dan Kembang, Kamis (15/2/2018).

Bupati Indartato bersama Sekretaris Daerah, Kapolres, Kepala Pengadilan Agama, dan kepala OPD serta anggota DPRD berziarah ke makam Kanjeng Jimat. Dilokasi itu bupati bersama rombongan kemudian berdoa kepada dipimpin Kepala Kantor Kementerian Agama Muhamad Nurul Huda. Diiringi pengharapan agar Kabupaten Pacitan menjadi lebih baik dan sejahtera.

Usai ziarah bupati mengatakan apa yang terjadi hari ini tidak lepas dari kemarin dan dahulu. Termasuk keberadaan para cikal bakal kota berjuluk Paradise of Java ini. Kita memberikan penghormatan karena mereka (Kanjeng Jimat, Tumenggung Notopuro, dan Setroketipo) adalah para pendahulu kita. Agar Pacitan cepat bangkit dari dampak bencana alam dan lebih maju, ucapnya.

Terkait prosesi peringatan hari jadi, pemkab memang tidak menggelar perayaan seperti semeriah tahun lalu. Tetapi lebih kepada kegiatan untuk mendekatkan diri kepada Sang Khaliq. Sebab tahun lalu Kabupaten Pacitan dilanda bencana alam berupa banjir bandang dan tanah longsor yang merenggut 25 korban jiwa.

Di makam Tumenggung Notopuro di Desa Kembang, Wakil Bupati Yudi Sumbogo dan Kepala Kejaksaan Negeri Pacitan, Rusli serta rombongan maupun warga sekitar juga melakukan hal serupa. Ia mengatakan bahwa peringatan hari jadi merupakan wujud rasa syukur dari pemerintah dan masyarakat. “Kita harus pahami juga nilai sejarah. Untuk dijadikan semangat dalam pengabdian kepada masyarakat dan daerah,” katanya. (arif/nasrul/tarmuji taher/sopingi/humaspacitan)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.