BISNIS KOTEKA

0
57

Oleh: Joko Intarto

Saya baru tahu istilah bisnis ini: Koteka. Ya, koteka adalah istilah prokem untuk kopi, teh dan kakao alias cokelat, bahan baku utama dalam bisnis minuman kekinian.

Kopi sebagai bahan baku es kopi susu gula aren. Teh hijau Jepang sebagai bahan baku minuman matcha susu dan teh merah Thailand untuk bahan baku teh susu. Empat minuman itulah yang sedang digandrungi para remaja saat ini.

Kemampuan membuat resep minuman memang penting. Tetapi tanpa pengetahuan manajemen bisnis yang memadai, bisnis minuman kekinian tidak akan menghasilkan keuntungan. ‘’Dagangannya laris tapi hasilnya rugi,’’ kata Rani Mayasari, CEO Kupielon, yang menjadi narasumber tunggal dalam webinar bisnis kopi kekinian di Sekolah Wira, Sabtu malam.

Dalam webinar semalam, saya baru tahu, ada pelaku bisnis kopi kekinian yang sudah buka usaha, padahal belum tahu berapa hara pokok produksinya. ‘’Ini bahaya. Sudah membuat harga jual tetapi belum tahu harga modalnya,’’ kata Rani.

Dua jam berdiskusi tentang bisnis kopi kekinian membuat saya sadar: banyak pengetahuan yang harus dipelajari di balik segelas es kopi susu gula aren itu.

Sekolah Wira akan kembali menyelenggarakan webinar manajemen bisnis kedai kopi kekinian pada bulan Oktober. Waktunya dua pekan lagi. Webinar akan menghadirkan Rani Mayasari, CEO Kupielon dan kopi Gunung Halu. Yang tertarik silakan bergabung di grup whatsapp: https://chat.whatsapp.com/LvnFeFOxeXlEkzwq6LXqI2

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here