Ceeburial Tak Cuma Aseupan

0
859

Oleh: Joko Intarto

Saat ini, merk Ceeburial identik dengan aseupan. Khususnya aseupan mini untuk menyeduh kopi.

Tapi menyeduh kopi tidak cuma butuh aseupan. Masih banyak peralatan lainnya. Nah, alat-alat inilah, yang perlu dipikirkan untuk bisa dibuat di dusun Ciburial.

Maka, kelak Ceeburial tidak hanya brand kukusan bambu untuk menyeduh kopi. Ceeburial adalah semua kebutuhan alat seduh kopi dari bambu.

Banyak produk perlengkapan barista yang bisa dibuat dari bambu. Dari browsing di internet, saya dapatkan beberapa di antaranya. Yang saya perkirakan bisa dibuat warga Ciburial.

Gelas

Gelas bambu sudah banyak dikenal. Gelas ini menarik untuk dieksplorasi. Tantangannya adalah: bagaimana menciptakan gelas bambu yang menarik, awet dan mudah perawatannya.

Mengingat pembuat gelas bambu cukup banyak, perlu dipikirkan kelebihan produk gelas bambu Ceeburial. Dalam bayangan saya, gelas bambu Ceeburial adalah gelas bambu satu-satunya yang dijual dengan layanan grafir nama pembelinya.

Ini tidak sulit. Warga Ciburial sudah membuktikan bisa menulis brand Ceeburial pada kulit bambu dengan teknik grafir. Bila terus dilatih, kualitas grafirnya akan semakin sempurna.

Tatakan Gelas

Modelnya sederhana. Bisa bulat. Bisa kotak. Cara membuatnya pun sederhana. Mirip menganyam kipas bambu biasa.

V60 Holder

Ceeburial susah punya varian V60 dengan gagang dan tanpa gagang. Kedua-duanya butuh alat penopang, atau holder.

Di beberapa situs internet, saya menemukan model V60 holder yang unik. Dibuat dari kayu pinus. Yang dikrowoki bagian tengahnya. Dan dibolong bagian atasnya.

Produk ini bisa dibuat dari seruas bambu. Krowoki batangnya. Biarkan lubang pada bagian atasnya. Cukup dibuat miring di bagian dalamnya. Menyesuaikan bentuk V60.

Sendok

Sendok untuk mengaduk gula sangat sederhana bentuknya. Hanya perlu sebilang bambu 15 Cm yang ujungnya diberi bulatan kecil.

Filter Holder

Potonglah seruas bambu. Buatlah lubang pada sisi kiri dan kanannya. Filter holder pun selesai dibuat. Gampang bukan?

Rak Gelas

Beberapa ruas bambu bisa dibuat untuk rak gelas model gantung. Digunakan barista untuk menyiapkan gelas yang akan digunakan. Kekuatan produk ini ada pada desain dan konsep estetikanya

Semakin banyak varian produk alat seduh kopi bisa dibuat, semakin baik pula peluangnya. Kelak Ceeburial tidak hanya memberi rezeki bagi yang bisa menganyam bambu.

Selamat berakhir pekan. Selamat tahun baru. Semoga tulisan ini bermanfaat. Tahun 2019, saya berharap Ceeburial sudah bisa menghadirkan beberap produk baru itu. Agar tidak dikira hanya jago membuat kukusan mini.

Salam….

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here