Potret Buram Dari Cikalong Timur

0
64

Sebuah desa di Cikalong Timur itu begitu miskin. Sementara lingkungan desanya begitu subur.

Sebagian besar pemudanya tinggal di Bandung bekerja sebagai buruh pabrik, karena tanah pertanian milik keluarga mereka telah habis dijual kepada orang-orang kaya di kota. Celakanya, pemilik baru tanah itu membiarkan saja lahan tersebut tidur bertahun-tahun.

Warga tersisa di kampung umumnya para wanita dan orang-orang lanjut usia. Untuk menyambung hidup, mereka membuat perabotan dari anyaman bambu.

Desa miskin di Cikalong Timur itu adalah protret buram kegagalan mengelola sumber daya alam untuk kesejahteraan. Desa tertinggal di Cikalong Timur itu juga potret betapa egoisnya orang-orang kaya di kota yang membiarkan “tetangganya” miskin dan lapar dengan membiarkan lahan-lahan itu tidur atas nama “suka suka saya”.

Dalam waktu dekat saya akan berkunjung ke desa miskin itu, bersama lembaga keuangan yang saat ini sudah menjalankan program sosial dalam bentuk pemberdayaan ekonomi di sana.

Kami akan menjajaki kolaborasi menjalankan program pemberdayaan tahap dua di sana. Budidaya sereh wangi, jahe gajah, jahe merah dan entah apalagi yang nanti bisa ditanam di sana.

Masih sulit untuk membayangkanya.[JTO] sumber

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here