Bekal Ilmu Untuk Membangun Negara

0
67

Bekal ilmu yang diperoleh selama menuntut ilmu dari berbagai jenjang pendidikan menjadi modal untuk memajukan bangsa, membangun negara dan masyarakat. Hal itu disampaikan Bupati Indartato ketika berpidato pada acara wisuda sarjana STKIP PGRI Pacitan, Rabu (27/9/2017). “Kita karyakan untuk kepentingan bangsa dan negara. Sehingga hidup adik-adik (wisudawan, Red) mampu memberikan manfaat. Tidak hanya untuk negara, tetapi juga masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, berkaitan dengan masa depan dan karir yang akan coba diraih para wisudawan, ada lima syarat perlu diperhatikan. Yakni berpikir tentang sistem dengan berlaku manusiawi. Selain itu juga harus mengakui ada perbedaan, profesional, dan sikap tenggang rasa. “Harus menghormati orang lain. Kita tidak bisa bekerja sendiri tanpa orang lain,” jelasnya.

Tidak itu saja. Orang nomor satu di jajaran pemerintahan Kabupaten Pacitan ini juga menekankan pentingnya tanggung jawab. Sebab dengan disertai rasa tanggung jawab, maka setiap orang akan berpikir positif. Sehingga dapat menjadi modal mewujudkan cita-cita maupun tujuan bersama. “Selalu mensyukuri apa yang kita peroleh,” tegasnya.

Diakhir sambutannya Indartato berharap agar wisudawan tetap menjaga sikap positif yang dimiliki. Dengan demikian upaya untuk terus memajukan kehidupan masyarakat disegala bidang dapat segera terwujud. (arif/tarmuji/danang/humaspacitan)