Peningkatan Volume Kendaraan Selama Libur Lebaran; Pacitan Terpantau Aman

0
0

Volume kendaraan berplat luar Kabupaten Pacitan tampak meningkat selama liburan lebaran tahun 2022 ini. Begitu juga jumlah pemudik pada H-3 sampai dengan H+2 lebaran terlihat meningkat di Terminal Pacitan.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pacitan telah memprediksi adanya lonjakan jumlah kendaraan masuk selama liburan lebaran. Dibangunnya Pos Pantau di beberapa titik penting yang menjadi pusat transit pemudik, diantaranya di Alun-alun Pacitan, di Terminal Pacitan, dan di beberapa Tempat Wisata, terbukti bermanfaat bagi pemudik.

“Memang selama libur lebaran 1443 Hijriah ini, jumlah kendaraan yang masuk dari luar Pacitan mengalami peningkatan yang luar biasa. Namun begitu, rekayasa lalu lintas (pengalihan jalur) tidak sampai diterapkan di seputaran kota Pacitan,” terang Wasi Prayitno Kepala Dishub Pacitan pagi tadi. Senin (9/5/2022).

Dishub telah mempersiapkan beberapa solusi apabila terjadi kemacetan panjang selama libur lebaran. Sejumlah petugas telah ditempatkan di beberapa Pos Pantau dan tempat wisata di Kabupaten Pacitan.

Berdasarkan laporan pantauan langsung petugas, puncak arus balik kendaraan dan pemudik keluar dari Pacitan adalah pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 7 dan 8 Mei 2022. Bahkan terlihat sejumlah pemudik rela berdiri dalam Bus untuk segera pulang ke daerah tujuan karena kehabisan tiket tempat duduk.

Hari ini, arus kendaraan keluar masuk Pacitan tampak mulai normal kembali. Pun juga dengan pemudik di Terminal Pacitan, sudah berangsur-angsur normal.
Hal tersebut dikarenakan hari ini seluruh kegiatan kantor dan sekolah memang sudah mulai aktif.

Jalur Barat yang menuju Jawa Tengah dan Jogjakarta juga terlihat lancar. Begitu juga arah utara jalur Pacitan-Ponorogo, jumlah kendaraan baik pribadi maupun angkutan dan pariwisata sudah tidak seramai hari-hari libur sebelumnya.

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishub Agus Winarno mengatakan bahwa sementara untuk laporan hari ini berdasarkan pantauan di sejumlah titik keluar Pacitan baik wilayah Barat dan Utara Perbatasan lancar dan terkendali.

“Berdasarkan laporan dari tim kami di lapangan, bahwa saat ini untuk jalur keluar dari Pacitan masih terlihat beberapa pemudik yang menggunakan mobil pribadi, namun arus sudah sangat lancar tidak seperti beberapa hari kemarin,” terang Agus.

Kepala Dishub Kabupaten Pacitan menghimbau kepada seluruh pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi untuk memperhatikan kondisi kendaraan, dengan selalu melakukan cek kondisi ban, air radiator, dan mesin serta lainnya agar kendaraan selalu dalam kondisi fit saat digunakan berkendara jauh. “Dimohon kepada Pemudik untuk selalu memperhatikan kondisi kendaraan, juga pengemudi. Berhenti istirahat apabila sudah mengemudi selama 4 jam, dan jangan memaksakan diri mengemudi apabila ngantuk, agar tidak membahayakan diri, penumpang dan pengendara lain,” tambahnya Wasi menghimbau. (Dishub/PemkabPacitan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.