Dalang Cilik Asal Kabupaten Pacitan Juara Di Festival Dalang Muda Jawa Timur

0
346

TULAKAN – Masyarakat Kabupaten Pacitan patut berbangga. Seorang dalang cilik asal Kecamatan Tulakan, berhasil menorehkan prestasi membanggakan di Tingkat Provinsi Jawa Timur. Prestasi prestisius itu ditorehkan Fallah Abdillah Priyono pada Festival Dalang Bocah dan Muda Tingkat Provinsi Jawa Timur yang digelar di Taman Kebudayaan Cak Durasim Surabaya Sabtu,(22/4) kemarin.

Pada Festival Dalang Bocah dan Muda yang digelar dalam rangka Pekan Wayang tahun 2017 itu, Putra tunggal pasangan suami istri Sugeng Priyono dan Dwiyana Rahmawati menerima dua penghargaan sekaligus. Yakni, Dalang Cucut terbaik atau Penyaji humor terbaik serta dinobatkan sebagai Dalang Bocah Termuda.

Fadil, Sapaan akrab Fallah Abdillah Priyono, meraih predikat sebagai Dalang Cucut terbaik di usia 9 tahun dengan menyisihkan peserta dari 20 Kabupaten/kota di Jawa Timur. Prestasi ini terasa istimewa karena bocah yang masih duduk di bangku kelas 4 SDIT Ar Rahmah Pacitan itu baru mengikuti Festival Dalang Cilik untuk pertama kalinya.

“Alhamdulillah Fadil berhasil mendapat juara meskipun sebenarnya kami tak mengira sebelumnya, karena selain festival perdana pesaingnya telah berusia lebih dewasa yang sarat pengalaman” tutur Fajar Arianto, Paman sekaligus pelatih Fadil saat ditemui di rumahnya di Desa Jatigunung, senin (24/4).

Kepiawaian Fadil dalam menampilkan wayang dengan lakon Hastha Brata membuat decak kagum penonton dan dewan juri. ” ia begitu terampil dan lihai hingga membuat seorang juri menitikan air mata bangga” tandas Fajar Arianto.

Bakat besar yang dimiliki Fadil sebenarnya tidak begitu mengejutkan. Sebab, ia berasal dari keluarga seniman, sehingga darah seni secara alami mengalir dalam jiwanya. Kakeknya merupakan dalang kondang, sedangkan Pamannya dan juga pelatihnya merupakan salah satu dalang termuka di Pacitan.

“ Bakat alami fadil mulai terlihat saat berumur 5 tahun. Fadil senang bermain wayang bersama kakeknya, sampai hafal nama-nama tokoh pewayangan, dan ia sering menonton video pewayangan lalu mencoba menirukannya” Pungkas Fajar

Tampil dihadapan para seniman kondang selama sekitar 45 menit tak membuat Fadil gentar. Dengan kepercayaan diri yang tinggi, Ia berusaha menunjukkan kemampuan terbaik agar menarik perhatian para dewan juri dan penonton yang hadir di Taman Kebudayaan Cak Durasim Surabaya . “ sempat ndredek juga karena baru pertama kalinya tampil dengan disaksikan seniman kondang di Jawa Timur, dan Alhamdulillah mendapatkan hasil yang terbaik” beber Fadil pada wartawan realitaspacitan.com

Prestasi ini diharapkan menambah motivasi Fallah Abdillah Priyono, untuk terus mengasah bakat dan kemampuan yang dimiliki agar cita-cita menjadi seorang Dalang Profesional dapat tercapai. (tn/geo)realitaspacitan.com

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here