Keterlibatan pihak ketiga Diperlukan Untuk Meningkatkan Kinerja dan Pelayanan Untuk Masyarakat

0
173

Keterlibatan pihak ketiga, salah satunya United States Agency for International Development (USAID), diperlukan dalam proses pembangunan daerah. Sebagai upaya untuk terus meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. “Mereka membantu untuk proses perumusan kebijakan maupun konsultasi,” kata Wakil Bupati Yudi Sumbogo saat menerima perwakilan USAID, Jum’at (28/4/2017).

Di Kabupaten Pacitan program USAID diantaranya adalah program KINERJA, dimulai pada akhir tahun 2014 sampai dengan pertengahan tahun 2015, bantuan teknis dan pendampingan berdasarkan peminatan yaitu; Bidang Kesehatan (Persalinan Aman) di Puskesmas Bubakan (Tulakan), Puskesmas Arjosari, dan Puskesmas Kedungbendo. Sedangkan pada bidang pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) meliputi SDN Dersono III Kecamatan (Pringkuku), SDN Kayen II (Pacitan), SDN Hadiluwih l (Ngadirojo), SDN Sedayu (Arjosari), serta SDN Kebonagung di Kecamatan Kebonagung. Sedangkan akhir tahun 2015 Pemerintah Kabupaten Pacitan melalui Dinas Kesehatan secara mandiri melaksanakan replikasi dengan lokasi di Puskesmas Pacitan dan Nawangan.

Program terus berlanjut. Kali ini bekerjasama juga dengan Asian Development Bank (ADB). Dimana pada tahun ini ADB menyediakan pendanaan untuk meneruskan Program KINERJA USAID. Dua bidang layanan dasar, yakni kesehatan dan pendidikan tetap menjadi fokus utama. Adapun lokasi Program KINERJA ADB 2016-2017 di bidang kesehatan meliputi, Puskesmas Kalak dan Donorojo, Puskesmas Gondosari serta Pringkuku. Untuk bidang pendidikan lokasi peogram bahkan lebih banyak. Tersebar di delapan SD pada beberapa kecamatan. Juga enam SMPN di enam kecamatan berbeda.

Hasil dari bantuan teknis atau pendampingan teknis yang dilaksanakan oleh Puskesmas dan sekolah sendiri berupa Janji Perbaikan Pelayanan (JPP) sebagai maklumat pelayanan dalam Permenpan 14/2014 tentang Pedoman Standard Pelayanan dan Rekomendasi Teknis (Rekomtek) telah di deklarasikan bersamaan Hari Kesehatan Nasional Tahun 2016 dan Hari Jadi Kabupten Pacitan yang ke 272. (arif/tarmuji/sopingi/humaspacitan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.