Miliaran Rupiah Dialokasikan Untuk Perbaikan Saluran Pengairan

0
59

Pemerintah Kabupaten Pacitan mengalokasikan anggaran miliaran rupiah per tahun untuk perbaikan sarana irigasi. Perbaikan terus dilakukan untuk mendukung target pemerintah pusat mewujudkan swasembada pangan berkerjasama dengan TNI. “Kita akan kembangkan daerah-daerah yang memang potensial,” kata Bupati Indartato usai bertemu dengan Sumarjo Gatot Irianto, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, Kementerian Pertanian di Makodim 0801, Rabu (10/5/2017).

Menurut Bupati, dengan menggandeng TNI dalam upaya pembangunan sektor pertanian mempunyai kelebihan tersendiri. Karena semangat satuan yang satu itu tidak diragukan lagi. “Semangat TNI untuk berjuang mewujudkan kemandirian pangan. Gregetnya itu lho, mereka punya itu,” ucap Bupati.

Komandan Kodim 0801 Pacitan Letkol (Inf) Yudhi Diliyanto menjelaskan pihaknya telah melakukan pendampingan program upaya khusus swasembada pangan. Bertujuan membantu Kementerian Pertanian untuk meningkatkan capaian kemandiarian pangan secara nasional. “Hasil dan capaian program itu sendiri kita serahkan ke masyarakat,” jelasnya.

Sebagaimana kawasan pegunungan kapur selatan yang identik dengan lahan tandus dan kekeringan, dalam prepektif khalayak, Kabupaten Pacitan juga demikian. Karena itu pemerintah melalui Kementerian terkait memacu sektor agraris, khususnya tanaman pangan dikawasan-kawasan itu. “Dulu daerah kering, imejnya selalu begitu. Tapi Wonosari (Yogyakarta) bisa gitu kok. Bahkan yang memberi makan Yogyakarta juga mereka,” tandas Sumarjo Gatot Irianto.

Sebagai bentuk apresiasi dari keberhasilan pemenuhan target, Kementerian Pertanian lantas akan memberikan ganjaran berupa sarana pertanian, sekaligus memetakan potensi-potensi yang dimiliki. (arif/tarmuji/danang/humaspacitan)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here