Perlombaan Bukan Tujuan, Tapi Upaya Mencapai Kesejahteraan

0
82

Setelah menjadi Juara Terbaik I Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Timur, Desa Wareng, Kecamatan Punung kembali menjalani penilaian perlombaan desa tingkat Provinsi Jawa Timur. “Upaya warga untuk menjadi yang terbaik sungguh luar biasa. Bekerja untuk desanya seakan tak kenal waktu,” kata Bupati Indartato saat memberikan sambutan pada penilaian lapang, Rabu (10/5/2017).

Meski demikian proses yang panjang dan melelahkan tidak lantas membuat warga merasa jenuh dan tetap berusaha sebaik mungkin. Agar desanya menjadi juara lagi diajang yang berbeda. “Perlombaan ini bukan tujuan. Namun sarana untuk mencapai kesejahteraan,” harap Bupati.

Ketua tim penilai Heru Suseno menjelaskan masyarakat Desa Wareng telah mampu melewati proses penilaian administrasi. Bagi desa dan kelurahan yang keluar sebagai juara I-IV tingkat provinsi akan undang untuk mengikuti pidato kenegaraan di gedung DPRD Provinsi Jawa Timur. “Juga akan menerima piala dan piagam yang akan diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur di Gedung Negara Graha tanggal 17 Agustus nanti, dalam rangkaian acara peringatan detik detik proklamasi kemerdekaan republik indonesia,” jelasnya.

Saat melakukan penilaian, tim melaksanakan penilaian lapang, dan akan bertemu secara langsung dengan masyarakat sesuai yang telah ditetapkan. Pelaksanaan penilaian perlombaan desa dan kelurahan tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2017 adalah penilaian administrasi ( 25-26 april), dan diikuti dengan penilaian lapang yang dilaksanakan dalam dua tahap.

Pelaksanaan perlombaan desa kelurahan tingkat provinsi dilakukan secara terarah, terukur, terpadu dan berkelanjutan. Hal itu merupakan penjabaran secara teknis dari peraturan dalam negeri nomor 81 tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa Dan Kelurahan yang dituangkan dalam pedoman perlombaan desa kelurahan Provinsi Jawa Timur tahun 2017. (arif/tarmuji/danang/dochumas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.