Pilkades, Memilih Pemimpin Untuk Membangun Desa

0
101

Selain sebagai bagian dari sistem demokrasi di tingkat lokal, pemilihan kepala desa (pilkades) juga memiliki tujuan. Yakni memilih pemimpin untuk membangun desa menuju kondisi lebih baik. Hal itu disampaikan Bupati Indartato disela-sela monitoring pelaksanaan pilkades serentak, Senin (28/8/2017). “Tujuannya satu. Yakni untuk membangun desa,” ucapnya.

Karena itu ia berharap dalam paska pemungutan suara nanti masing-masing calon berlaku bijak. Misalnya tidak berupaya menjelek-jelekkan calon lainnya. Dengan demikian kondisi yang telah kondusif di masyarakat tetap akan terpelihara. “Semua (calon,Red) harus menyadari pembangunan dapat berlangsung baik dengan persatuan. Dan pemilihan merupakan jalan menuju kesana (pembangunan,Red). Jangan saling menjelek-jelekkan,” harapnya.

Terkait selentingan munculnya bursa taruhan yang mengiringi pelaksanaan pesta demokrasi desa tersebut, suami Luki Tri Baskorowati ini memastikan semua telah ditangani oleh aparat. Baik TNI, Polri, maupun pihak berwenang lainnya.

Selain Desa Arjowinagun dan Sukoharjo di Kecamatan Pacitan, Bupati bersama rombongan juga melakukan monitoring ke Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku. Pilkades serentak tahun 2017 sendiri diikuti 18 desa dengan total jumlah calon kepala desa mencapai 49 orang. (arif/tarmuji/danang/humaspacitan).

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here