6 Obyek Wisata Mendapat Rekomendasi Uji Coba

0
32

Menyusul dua obyek wisata yakni Parai teleng Ria dan Beji Park yang terlebih dahulu menerapkan fase uji coba, 6 obyek wisata lain di Pacitan akhirnya memperoleh rekomendasi serupa. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Pacitan, Jumat (28/08) kembali menyerahkan Sertifikat Adaptasi Kebiasaan baru kepada 13 obyek wisata di Pacitan.

Dari 13 destinasi wisata tersebut 7 diantaranya baru mengantongi rekomendasi fase simulasi. Pada tahap ini, tempat wisata hanya diperbolehkan menerima kunjungan dari wisatawan lokal. Beberapa obyek wisata tersebut adalah, Pantai Banyu Tibo, Pantai Buyutan, Pantai Srau, Sungai Maron, Pantai Ngiroboyo, Sentono Genthong dan Pantai Taman.

Sedangkan, 6 lainnya masuk fase uji coba, diantaranya, Pantai Soge, Pantai Pidakan, Pantai Watukarung, Pantai Klayar, Pantai Watu Bale dan Pantai Pancer Door. Pada tahap ini pengelola obyek wisata dapat menerima kunjungan tidak hanya wisatawan lokal namun juga dari luar kota. Walaupun terbatas kendaraan kecil (maksimal kapasitas 8 penumpang). Pemerintah memberikan rekomendasi menuju fase uji coba setelah obyek wisata tersebut lulus tahap simulasi.

“Ini menjadi tantangan bagi kita karena tidak hanya sisi ekonomi saja yang kita pikirkan namun juga kesehatan masyarakat,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah raga Pacitan T Andi Faliandra di obyek wisata Sentono Gentong Kecamatan Pringkuku.

Menerapkan protokol kesehatan lanjut Andi Faliandra, menjadi keharusan untuk menanggulangi penyebaran. Hal tersebut berlaku tidak hanya kepada wisatawan namun juga pengelola serta pelaku wisata itu sendiri. Sesuai Surat Edaran Bupati, tahap uji coba ini akan berlangsung sampai Desember tahun ini.

Sementara, Bupati Pacitan Indartato yang hadir dalam acara penyerahan sertifikat menuju Adaptasi Kebiasaan Baru tersebut menyatakan, rekomendasi diberikan untuk obyek wisata yang sudah memenuhi persyaratan. Tujuanya untuk melindungi masyarakat serta wisatawan karena pandemi masih terjadi.

“Protokol kesehatan harus dilaksanakan bersama sama agar covid 19 dapat kita cegah dan hilang dari Pacitan”, ungkap Bupati.

Dengan kembali bergeliatnya sektor pariwisata bupati berharap perekonomian masyarakat Pacitan kembali bangkit. Maklum akibat pandemi covid 19 banyak sektor terdampak tak terkecuali pariwisata. Data Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Pacitan menyebut kunjungan wisatawan pada 6 obyek wisata fase uji coba pasca re opening menunjukkan peningkatan. Pantai Soge kunjungan wisatawan mencapai jumlah 5.102, Pantai Pidakan 5.408, Pantai Watu Bale 690, Pantai Klayar 2.501, Pantai Watukarung 4.085 serta Pantai Pancer Door 6.271. (rizky/luky/arif/humas pacitan)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.