Kemendes PDTT: Upayakan Percepatan, Jangan Ada Desa Yang Blank Spot

0
35

Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) mengupayakan percepatan bagi desa tertinggal. Salah satu upaya yang menjadi perhatian adalah ketersedian akses internet desa. “Keberadaan sinyal telekomunikasi adalah sebuah keniscayaan, kedepan tidak boleh ada desa yang blank spot” kata Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar, saat kunjungan kerja di Kabupaten Pacitan, Kamis (16/01/20) siang.

Menurutnya, kebutuhan akan jaringan sangat penting bagi pemerintah desa. Apalagi penyaluran dana desa saat ini berlaku non tunai. Sehingga dana desa langsung masuk ke rekening desa. Demikian pula penyalurannya ke pengguna atau kelompok masyarakat sasaran. “Adanya jejak digital ini menjadi bukti transparansi sehingga kinerja kepala desa semakin mudah” katanya.

Menyikapi masih adanya desa-desa yang belum tersentuh sinyal telekomunikasi, menteri yang akrab disapa Gus Halim itu berjanji akan melakukan percepatan penanganan. Kementerian Desa PDTT sendiri sudah menjalin kerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan perusahan provider plat merah.

Secara khusus, Abdul Halim Iskandar memperhatikan Kabupaten Pacitan yang menurutnya punya potensi berkembang. Dan semua itu bisa terlaksana melalui peran desa. Kota berjuluk paradise of java ini selayaknya bisa bangkit maju seperti Banyuwangi maupun Kabupaten Tuban yang sama sama didaerah ujung.

Mewakili Bupati Pacitan, Wakil Bupati Yudi Sumbogo menyatakan, sesuai keputusan Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa 2019, status kemajuan dan kemandirian desa Kabupaten Pacitan cukup baik. Dari 166 desa, 1 desa masuk kategori mandiri. 115 berkembang, 44 maju dan 6 desa masih tertinggal. “Ini merupakan kunjungan pertama pak menteri setelah dilantik sekaligus mohon bimbingan dan arahan” kata Yudi Sumbogo.

Kunjungan kerja Menteri Desa PDTT di Pacitan berlangsung singkat. Selain memberi bimbingan dan arahan kepada seluruh kepala desa, lurah, BPD serta pendamping desa se Kabupaten Pacitan, menteri juga berdialog dengan para pemangku desa. (Rizky/luky/arif/danang/humas pacitan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.