Kunjungi Temuan Gua Baru, Bupati Beri Nama “Gua Jambu”

0
112

Kabupaten Pacitan memang pantas menyandang sebutan Kota Seribu Satu Gua. Kabupaten yang berada diantara gugusan gunung seribu ini memiliki banyak gua yang indah nan eksotis.

Setelah Gua Gong yang mendunia dengan keindahan stalagtit dan stalagmitnya, Gua Tabuhan dengan keunikanya kini muncul temuan gua baru. Berlokasi di Dusun Jambu Desa Ngadirejan Kecamatan Pringkuku. Masyarakat sekitar mengenal gua tersebut sebagai Gua Luweng Ombo. Sisi menantang dari gua baru ini adalah, untuk mencapai mulut gua pengunjung harus turun sedalam kurang lebih 30 meter. Baru setelah itu terdapat ruang gua horizontal.

Seperti halnya gua-gua lain, karakter gua karst akan terlihat di gua baru ini. Namun, untuk menikmati stalagtit maupun stalagmit yang lebih indah pengunjung harus melewati beberapa genangan air serta menyusuri lorong gua yang cukup panjang. Untuk sementara gua baru belum dibuka untuk umum karena belum memiliki fasilitas yang memadai.

“kita upayakan ada perencanaan pengembangan ditahun 2021 agar harapan masyarakat untuk menjadikan gua ini sebagai destinasi wisata terwujud”, kata Bupati Indartato saat berkunjung ke lokasi gua, Jum’at (09/10).

Atas persetujuan warga, Bupati Indartato mengusulkan nama untuk gua baru tersebut. Bupati beralasan, nama Luweng Ombo sudah melekat pada gua vertikal yang ada di Kecamatan Donorojo. Agar mudah dikenal masyarakat luas, bupati memberi nama gua tersebut dengan sebutan Gua Jambu.

“Sesuai nama lokasi goa berada maka goa ini saya beri nama Goa Jambu”, kata bupati disambut tepuk tangan warga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.