Pacitan Meraih Anugerah Keselamatan Jalan Terbaik Kategori Penduduk Padat Tinggi

0
70

JAKARTA, 13 Desember 2018 — Indonesia Road Safety Award (IRSA) kembali digelar untuk keenam kalinya. Pada IRSA 2018, sejumlah daerah yang berhasil meraih predikat terbaik dalam hal keselamatan jalan. IRSA merupakan penganugerahaan kota dan wilayah-wilayah di Indonesia yang memperhatikan tentang keselamatan jalan.

Penghargaan ini sejalan dengan visi Adira Insurance yang selalu gencar mengkampanyekan keselamatan jalan melalui tagline “I Wanna Get Home Safely”.

Menurut data dari Korlantas Polri, tahun 2017 tercatat ada 98.414 kasus kecetakaan lalu lintas atau turun sekitar 7% dibandingkan tahun 2016 yang memiliki 105.374 kasus. Dampak kecelakaan tersebut merenggut sekitar 24.213 jiwa pada 2017. Angka ini juga turun sekitar 6% dibandingkan setahun sebelumnya yang merenggut 25,359 jiwa. Walaupun mengalami penururan setiap tahunnya, namun masih relatif tinggi dan diperiukan partisipasi dan kolobarasi semua pihak untuk mewujudkan zero accident di Indonesia. Inilah latar belakang diselenggarakannya IRSA oleh Adira Insurance.

Setelah sukses diselenggarakan di tahun-tahun sebelumnya, tahun ini, acara penganugerahan IRSA 2018 dihadiri oleh Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, selaku Menteri Perencanan Pembangunan Nasional/Kepala BAPPENAS, lBudi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan, Irjen Pol Refdi Andri selaku Kepala Korps Lalu Lintas Republik Indonesia serta para bupati dan Walikota finalis IRSA 2018.

“IRSA didukung penuh okeh Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional/BAPPENAS sebagai kordinator 5 pilar keselamatan jalan. |ni kedua kalinya hasil riset IRSA dijadikan laporan yang disampaikan oleh Kementerian PPN/BAPPENAS di kancah internasional dalam hal penerapan tata kelola keselamatan jalan,” ucap Julian Noor, Chief Executive Adira Insurance di sela-sela penyerahan penghargaan.

Di tahun ini, tercatat sebanyak 137 kota dan kabupaten yang ikut serta dalam IRSA 2018. Dari 137 peserta, terpilih 23 kota dan kabupaten finalis lRSA 2018. Kr-23 finalis terpilih berdasarkan data-data keselamtan jalan seperti jumlah penduduk, luas wilayah, jumlah kecelakaan, jumlah fatalitas kecelakaan, dan data pendukung lainnya melalui tahap shortllisting.

Berikut daftar kota-kota pemenang IRSA 2018:

  • Kategori Kota dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Tinggi : Bandung
  • Kategori Kota dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Rendah : Samarinda
  • Kategori Kabupaten dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Tinggi : Pacitan
  • Kategori Kabupaten dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Rendah : Bangka
  • Kategori Kota/Kabupaten “Excellent City 2017” : Semarang
  • Kota/Kabupaten dengan program inovasi terbaik dalam upaya meningkatkan tata kelola keselamatan jalan : Bandung
  • Kota/Kabupaten terbaik pada program edukasi keselamatan jalan : Bandung
  • Kota/Kabupaten terbaik pada upaya meningkatkan jumlah penggunaan angkutan umum : Semarang
  • Kota/Kabupaten dalam penerapan konsep smart city pada program keselamatan jalan : Semarang
  • The Most Inspiring City in Road Safety : Surabaya

VALDO PRAHARA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.