Pacitan Segera Miliki Markas Komando TNI AL

0
13

Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Yoos Suryono Hadi, Senin (14/06) meninjau lokasi pembangunan Markas Komando TNI AL Pacitan. Bersama Bupati dan Wakil Bupati Pacitan, Danlantamal V didampingi Danlanal Malang, Ni Ketut Prabhawati Kolonel laut (P/W) melihat lihat langsung lahan seluas 5 hektar yang berada di Desa kembang Kecamatan Pacitan itu.

“Pacitan itu dibawah Lanal Malang yang menghadap ke selatan. Ada dua yang menghadap ke selatan yakni Lanal Cilacap bertipe B dan Pacitan dengan tipe D”, ungkap Danlantamal V Laksamana Pertama Yoos Suryono Hadi.

Markas Komando TNI AL Pacitan sendiri menurut Danlantamal V akan memulai pembangunannya tahun depan. Mabes TNI AL sudah menyetujui dan dipastikan masuk penganggaran Tahun 2022. Lokasi Markas Komando sendiri dinilai layak meski harus ada peninggian fondasi bangunan untuk menghindari banjir rob. Termasuk, pembenahan jalan masuk dari jalan raya ke Mako nantinya.

Danlantamal V menyatakan Pembangunan Markas Komando merupakan salah satu upaya TNI AL dalam menjaga kedaulatan maritim. Sebagai negara dengan bentang pantai terpanjang di dunia, Indonesia rawan terjadi aktifitas ilegal melalui jalur laut. Seperti ilegal logging, ilegal mining, ilegal fishing maupun jalur penyelundupan barang-barang terlarang. Dengan adanya markas komando diharapkan aktifitas ilegal dapat diberantas. Tentu selain tugas utama TNI yakni menjaga kedaulatan RI. (Humas Pacitan)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.