Pariwisata Pacitan Siap Bangkit

0
2

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pacitan beserta staf terkait melakukan kunjungan kerja ke destinasi wisata Goa Gong, hari , (21/09). Kunjungan kerja Tersebut bertujuan memantau perawatan dan pemeliharaan daya tarik wisata yang ditutup sementara karena adanya PPKM Darurat Covid-19 yang kini berada pada PPKM Level 3.

T. Andi Faliandra, Kadis Parpora pada kesempatan tersebut mengatakan kebersihan serta terjaganya stalagtit dan stalagmit Goa Gong saat ini merupakan hasil kerja petugas selama libur PPKM. Hal ini juga berlaku di 9 destinasi wisata lain yang dikelola oleh Disparpora. Diantaranya adalah Pantai Klayar, Pantai Watu Karung, Pantai Srau, Pantai Pancer Door, Pantai Taman, Goa Tabuhan, Pantai Buyutan, dan Pemandian Banyu Anget.

Pemberlakuan PPKM Level 3 ini masih berdampak pada pelaku usaha di bidang pariwisata. Mulai dari pedagang, pemilik hotel/homestay, pemilik rumah makan, dan pelaku usaha lainya semakin sering mengeluhkan kondisinya terutama ekonomi yang semakin sulit kepada pihak Disparpora.

Sedang kondisi Covid-19 di Jawa Timur, khususnya Pacitan sebenarnya sudah membaik, angka kematian rendah, angka penularan rendah sehingga dari segi keamanan terhadap corona di Kabupaten Pacitan sudah bagus dan bisa menerima kunjungan wisata.

Akan tetapi, ada beberapa data yang saat ini belum tercapai sehingga pariwisata di Pacitan belum bisa dibuka kembali. Salah satunya adalah data vaksin masyarakat Pacitan yang belum memenuhi standar Kemenkes, yaitu vaksin pertama harus mencapai 50 persen dan minimal 40 persen untuk vaksin usia lansia.

“Dengan percepatan vaksinasi di masyarakat, maka semakin cepat memenuhi target dari Kemenkes sehingga destinasi wisata di Pacitan dapat dibuka kembali,” kata Andi kepada Diskominfo Pacitan.

Petugas sudah menyiapkan sarana mulai dari tempat cuci tangan, pengukur suhu tubuh, dan pamflet himbauan untuk tetap berjaga jarak. Didukung dengan semua petugas di kawasan wisata sudah melakukan vaksinasi.

Selengkapnya di pacitankab.go.i

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.