Peringati World Clean Day, KSB KandangDoro Pungut Sampah & Perkuat Mitigasi Bencana

0
3

Puluhan warga Donorojo yang tergabung dalam KSB KandangDoro Tangguh ambil bagian dalam aksi pungut sampah di objek wisata Pantai Banyu Tibo Sabtu (18/9).

Tim dibagi menjadi beberapa kelompok untuk memungut sampah di beberapa bagian. Aksi pungut sampah difokuskan pada sampah domestik seperti plastik bekas tempat minum maupun bungkus makanan. Sedangkan untuk sampah pertanian setelah dikumpulkan kemudian dikubur di pantai.

Ketua KSB KandangDoro Tangguh Heru Suprianto mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk kampanye kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran terhadap sampah plastik. Tak hanya pungut sampah, dalam giat tersebut juga dirangkaikan Sosialisasi Mitigasi Bencana Gempa & Tsunami.

Dengan diadakan kegiatan Kampung Siaga Bencana (KSB) diharapkan meningkatkan kapasitas masyarakat lebih siap untuk menghadapi kerentanan dan resiko bencana sehingga masyarakat yang tinggal didaerah bencana dapat melakukan penanggulangan dengan tepat, cepat dan tanggap dengan semangat gotong royong.

Dibentuknya KSB dapat meningkatkan rasa kebersamaan, kesadaran saling andarbeni dengan saling asah dan asuh akhirnya terwujud masyarakat ayem tentrem. (BPBDPacitan/DiskominfoPacitan).

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.