Perempuan miliki Andil Dalam Pembangunan

0
35

Diera kebangkitan seperti saat ini perempuan tidak hanya menjadi pengguna hasil pembangunan. Lebih dari itu, perempuan juga memiliki peran strategis dalam setiap aspek.

“Kebangkitan perempuan Indonesia tidak dapat dipisahkan dari kebangkitan perjuangan bangsa” kata Wakil Bupati Yudi Sumbogo, membacakan sambutan Bupati Pacitan Indartato dalam upacara bendera peringatan Hari Ibu ke-91, yang dirangkaikan dengan Hari Bela Negara ke-71, Hari Nusantara dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional Selasa, (17/12/19) di halaman pendopo kabupaten.

Momentum Hari Ibu diharapkan mampu mendorong berbagai upaya meningkatkan kemampuan demi kemajuan perempuan. Karena perempuan, merupakan sumber daya potensial bagi pembangunan bangsa. Meski demikian, perempuan tetap memiliki hak asasi yang sama dengan hak asasi manusia.. Dengan tetap menjaga kodrat, harkat dan martabatnya sebagai ibu bangsa dalam membina keluarga yang harmonis dan sejahtera. Tema Hari Ibu kali ini adalah “Perempuan Berdaya Indonesia Maju”,

“. Semoga dapat menginspirasi pemangku kepentingan berkomitmen meningkatkan kualitas perempuan’ imbuhnya.

Terkait Hari Bela Negara ke-71, Hari Nusantara dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional Wakil Bupati Yudi Sumbogo mengajak warga negara untuk membela negara melebihi panggilan tugas yang menjadi tanggung jawab bersama. Kesadaran bela negara berakar dalam nilai-nilai luhur yang harus tertanam sejak dini. Baik melalui pendidikan maupun aksi bela negara dengan cara inovatif yang sesuai dengan perkembangan jaman.

Dalam kesempatan itu pula diserahkan sejumlah penghargaan yang diraih kabupaten Pacitan baik regional maupun nasional. Diantaranya, Penghargaan Kabupaten Peduli HAM 2018 dari Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia RI, Obyek wisata Sentono Gentong di Desa Dadapan peraih obyek wisata alam terbaik 3 di Jawa Timur sekaligus mengantarkan Desa Dadapan meraih juara harapan 2 tingkat nasional lomba Desa Wisata Nusantara.

Selain itu 3 lembaga pendidikan yakni, SDN 1 Ploso Pacitan, SMPN 2 Kebonagung serta SMKN 1 Nawangan dinobatkan sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri 2019. Dan yang terbaru, Kabupaten Pacitan mendapat penghargaan Indonesia Road Safety Award (IRSA). Penghargaan ini diberikan kepada Kabupaten/kota terbaik dalam hal peningkatkan kesadaran dan penerapan sistem keselamatan di jalan raya. Pacitan masuk dalam kategori Kabupaten dengan kepadatan penduduk tinggi. (risky/arif/danang/humas pacitan)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.