Rencana Dolan Ke Pacitan? Pacitan Sudah Bebas Hepatitis A

0
39

Akhirnya Pacitan bebas Hepatitis A, satu kabar gembira bagi warga Pacitan dan para calon wisatawan yang hendak berkunjung ke Pacitan khususnya. Tidak ada keraguan lagi mau piknik ke mana saja kini tanpa keraguan, mau ke Pacitan Barat, Utara, Tengah atau pun Pacitan Timur, yang sempat diserang penyakit kuning ini.

“Sebuah kabar gembira yang sudah kita tunggu-tunggu bersama, kini tidak ada Hepatitis A lagi. Berdasarkan survei dan kenyataan di lapangan,” kata Bupati Pacitan Indartato saat Tasyakuran Tuntas Penanganan Hepatitis A 10/09 di Sungai Sukorejo, Kecamatan Sudimoro Pacitan.

Sedang untuk Status Kejadian Luar Biasa (KLB) dipastikan dicabut pada 10 Oktober mendatang. Sesuai ketentuan, yakni dua kali masa inkubasi Hepatitis A. dr. Eko Budiyono Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan terang-terangan beberkan penanganan pagebluk itu dengan metode tata laksana penderita sesuai standar, survailen atau pemantauan mingguan dan penanganan faktor risiko atau disingkat Taspen oleh Eko.

Sampai pada 30 Agustus lalu, Eko mengatakan tidak ada lagi pasien yang dirawat di Puskesmas atau pun di Rumah Sakit, namun pemerintah tetap waspada hingga saat ini melalui berbagai metode pemantauan. Bersyukur hasilnya tetap nihil hingga saat ini. “Masyarakat semakin siaga dengan berbagai kemungkinan serangan penyakit,” ujar Dia. Artinya masyarakat lebih membiasakan hidup sehat dari kejadian ini.

Puluhan destinasi wisata yang beragam menunggu para wisatawan, sekali lagi lokasi wisata di Timur Kota Pacitan, seperti Flaying Fox di Pantai Taman yang konon dikabarkan menjadi yang terpanjang di Indonesia, atau melihat puluhan Penyu dan Tukik di tempat tersebut, bermain pasir sembari menikmati Samudera Hindia yang luas dengan deburan ombak yang mendayu-dayu.

Itu baru di satu lokasi, ingin yang lain, Pacitan Timur juga menawarkan pantai dengan batu yang menakjubkan, dinamakan Pantai Pidakaan, mata setiap orang yang datang terbuai dengan keelokannya. Belum lagi di Pantai Soge yang sudah menjadi perbincangan Publik juga menanti wisatawan.

Jika masih kurang, ada pantai yang namanya Pantai Watu Bale. Unik, di tempat itu wisatawan akan terkagum dengan deburan ombak laut selatan yang terkenal akan ganasnya, jika beruntung wisatawan akan mendapat sensasi hujan air laut dan masih banyak lagi. Yang pasti siapa saja berhak membuktikan keindahan destinasi wisata Pacitan yang bebas Hepatitis A. (budi/anjar/rista/rozak/riyanto/dzakir/wira/DiskominfoPacitan).

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.