Tuntaskan Penanganan Hepatitis A

0
23

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) serta OPD terkait berhasil menuntaskan penanganan penyakit Hepatitis A yang sempat mewabah. Ditandai dengan kegiatan tasyakuran bertajuk Tuntas Penanganan Hepatitis A di Desa Sukorejo, Kecamatan Sudimoro, Selasa (10/9/2019). “Mari kita jaga komitmen untuk hidup sehat. Seperti yang dibacakan para kepala desa se-Kecamatan Sudimoro tadi,” kata Bupati Indartato.

Namun demikian, ujar Indartato, komitmen semacam itu hendaknya bukan hanya dilakukan diwilayah Sudimoro saja. Tetapi juga pada wilayah-wilayah lain di kota berjuluk Paradise of Java ini. Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dapat dilakukan mulai skala terkecil dalam masyarakat, yakni keluarga. Kemudian berkembang ditataran lingkungan dan berlanjut pada layanan kesehatan.

Terkait ketersediaan air bersih yang dituding sebagai “biang” merebaknya Hepatitis A beberapa waktu kemarin, Bupati menyampaikan jika pihaknya, dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terus melakukan pengiriman ke kawasan-kawasan terdampak kekeringan. Hanya saja, karena jumlah armada terbatas, droping tidak dapat dilakukan sebanyak yang diinginkan masyarakat. Disisi lain ia berharap agar rencana pembangunan Bendungan Wadang diwilayah setempat dapat disetujui masyarakat serta direalisasikan. Sebab dapat memenuhi kebutuhan air bersih pada lokasi yang berbatasan dengan Kabupaten Trenggalek itu.

Sementara, Kadinkes dr. Eko Budiyono menyampaikan melalui gerakan gerakan Taspen (Tatalaksana Penderita) saat ini penanganannya telah mencapai angka 95 persen. “Alhamdulillah sampai hari ini tidak ada lagi yang dirawat,” ujarnya disela-sela kegiatan.

Namun demikian pihaknya tidak ingin kecolongan. Pemantauan akan terus dilakukan. Demikian pula dengan laporan-laporan yang disampaikan per minggu secara terus menerus karena tingginya mobilitas warga. Bahkan hal itu dilakukan secara online, dan diketahui langsung oleh Kementerian Kesehatan RI. Eko juga mengingatkan agar masyarakat tetap menjaga kebersihan dengan mencuci tangan menggunakan sabun. Khususnya setelah dari kamar kecil. Selain itu, rutinitas serupa juga harus dilakukan setelah memegang hewan piaraan atau ternak. Seperti ayam, bebek, burung, sapi, atau kambing.

Terkait pencabutan status kejadian luar biasa (KLB) Eko menjelaskan, sesuai Peraturan Menteri Kesehatan, pencabutan surat keputusan (SK) Bupati Pacitan tentang penetapan KLB masih harus menunggu selesainya dua kali masa inkubasi. Yakni terhitung sejak tanggal 30 Juni lalu. “Meskipun ini (penderita baru) sudah nol, kita pantau sampai nanti akhirnya status akan kami cabut nelalui SK Bupati,” jelasnya.

Kegiatan Tuntas Penanganan Hepatitis A itu sendiri merupakan bagian dari rangkaian agenda tilik warga di Kecamatan Ngadirojo dan Sudimoro. Sebelumnya Bupati bersama Forkopimda dan jajarannya mengunjungi Desa Sidomulyo dan Hadiwarno (Ngadirojo) dan Desa Sukorejo (Sudimoro). Tak hanya memberikan bantuan kepada warga kurang mampu, bupati juga memberikan hal serupa untuk lembaga pendidikan, kelompok pemuda, maupun kelompok pemberdayaan masyarakat. (arif/danang/juremi tomas/humaspacitan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.