Semangat dari Pemuda Menjadi Bekal Pembangunan

0
47

Semangat dan peran para pemuda Kabupaten Pacitan diharapkan dapat menjadi bekal dan modal membangun daerah. Hal itu disampaikan Bupati Indartato ketika memberikan sambutan pada Konsolidasi Pemuda Pacitan dengan Pemkab Pacitan di gedung Karya Dharma, Jum’at (2/2/2018) siang. “Syukur alhamdulillah pemuda Pacitan masih memiliki energi, memiliki semangat. Sebagai modal memajukan dan membangun daerahnya,” katanya.

Bupati sendiri menyambut baik hajatan semacam itu. Sebagai salah satu cara mencari pemikiran, serta mempersatukan persepsi membangun kampung halaman agar lebih baik dimasa mendatang. Sebab dari pemuda, inisiatif dan gagasan muncul dan membuahkan inovasi. Untuk kemudian bersama-sama pemerintah daerah dalam mewujudkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Indartato menjelaskan, untuk kaum muda sendiri pihaknya telah memberikan wadah. Yakni melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora). Tidak itu saja, guna menjamin akses pendidikan untuk warga kurang mampu, melalui program Grindulu Mapan diberikan pula bantuan untuk mahasiswa berprestasi yang tengah mengenyam pendidikan di luar daerah. “Pemerintah daerah monggo dikritisi. Demi kebaikan, agar maju dan memberi manfaat untuk masyarakat. Melalui pemikiran pemuda-pemuda yang bersifat membangun,” tandasnya.

Ketua Pemuda Untuk Pacitan (PETUPA) Prasetya Aji menyampaikan, bahwa organisasi pimpinannya itu secara rutin setiap tahun menggelar Youth Alliance Rendezvous sejak tahun 2014. Diikuti oleh berbagai kelompok pemuda Kabupaten Pacitan. Sebagaimana tujuan awal PETUPA diantaranya sebagai agen perubahan dan kontrol sosial. “Sehingga pemuda Pacitan dapat bergotong royong untuk daerah. Memecahkan masalah bersama-sama,” tuturnya.

Selain diikuti kelompok pemuda dan mahasiswa Pacitan di Yogyakarta, Ponorogo, maupun daerah lain, Konsolidasi Pemuda Pacitan dengan Pemkab Pacitan juga dihadiri Dandim 0801 Letkol (Kav) Aristoteles HN Lawitang. Perwira menengah tersebut ikut didapuk menjadi narasumber untuk peserta. (arif/nasrul/tarmuji taher/pranoto/humaspacitan).

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here