Bimtek Transformasi Menuju KIM Digital Bareng Kominfo

0
5

Transformasi digital sebagai kebijakan strategis pemerintah pusat harus diterjemahkan hingga ke daerah. Untuk itu, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai mitra strategis Kominfo harus siap bertransformasi secara digital dalam penyebaran informasi terutama kepada khalayak diakar rumput.

Harapan itu disampaikan Bambang Gunawan, PLT Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik mewakili PLt Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (DJIKP) Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI saat memberikan sambutannya pada Bimbingan Teknis (Bimtek) KIM dengan tema : Transformasi Menuju KIM Digital. Kamis, 17/06/2021.

“Kita semua harus bersiap bertransformasi menjadi sumber daya manusia yang melek digital. KIM sebagai mitra strategis Kominfo harus menjadi garda terdepan dalam melakukan deseminasi informasi hingga ketingkat akar rumput,” harapnya.
Diakui Bambang, saat ini ada sekitar 2.399 KIM tersebar diseluruh Indonesia. Dari sejumlah itu kedepannya perlu dipetakan karakteristiknya masing-masing. Sehingga potensi yang dimiliki oleh KIM bisa dimaksimalkan sesuai dengan perannya dalam pelaksanaan desiminasi informasi publik.

“Melalui pemetaan karakteristik KIM tersebut diharapkan bisa dilihat seberapa banyak KIM yang sudah bertransformasi kearah digital. Artinya didalam aktifitas yang dilakukan baik dalam menjalankan usahanya maupun aktifitas komunikasi publik apakah sudah memanfaatkan tehnologi informasi dengan baik,” imbuhnya.
Dirinya juga berharap, hendaknnya dimasa pandemi saat ini, KIM lebih bisa berkiprah dalam menyeimbangkan informasi yang terjadi disekitarnnya. “Pandemi ini harus menjadi momentum bagi KIM untuk lebih aktif dan peka terhadap informasi. Menjadi garda terdepan dan pertama apakah informasi itu benar, Hoack atau bukan,” ujarnya.
Selengkapnya di pacitankab.go.id

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.