Permainan Tradisional Wadah Nguri-uri Warisan Leluhur

0
45

Permainan tradisional adalah merupakan warisan yang mesti dijaga keberadaannya, supaya tetap ada dan lestari sampai nanti, momentum HUT RI Ke-74 Tahun 2019 Darma Wanita Persatuan Kabupaten Pacitan kembali menggelar Lomba Permainan Tradisional.

Acara ini dilaksanakan di Halaman Pendapa Kabupaten dengan melibatkan puluhan peserta dengan tiga cabang yang dilombakan, meliputi Hola Hoop, Gendong Senik Terbalik dan Talang Paralon Estafet. Betty Suko Wiyono Ketua Darma Wanita Persatuan Kabupaten Pacitan mengatakan bahwa panitia sengaja memilih cabang yang mudah dan aman. “Namun kebersamaan tetap terasa,” kata Betty disela acara 09/08.

38 peserta dari Perangkat Daerah (PD), Badan dan Instansi Vertikal tampak serius untuk memenangkan pelombaan, namun sengaja pada tahun ini Darma Wanita Persatuan Kecamatan tidak diikutsertakan, sebab menurut Betty mereka harus fokus meramaikan kecamatan masing-masing. “Untuk hadiah kita menyesuaikan, tapi Insya Allah memuaskan lah,” ujar Dia.

Sementara Penasihat Darma Wanita Persatuan Pacitan Luki Indartato yang berkesempatan hadir didampingi oleh Wakil Penasihat Ninik Yudi Sumbogo mengaku bangga melihat totalitas peserta yang sempat terjatuh di dalam arena lomba, mengingat semua elemen harus bersemangat untuk menjaga permainan tradisional. “Terjatuh adalah seninya bermain, yang penting aman dan semarak,” tandas Luki. (budi/wawan/pkl/riyanto/wira/DiskominfoPacitan).

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.