Tingkatkan Kualitas Pelayanan Keperawatan dengan Internal House Training

0
6

RSUD dr. Darsono: Kegawatdaruratan pasien di rumah sakit bisa terjadi kapan saja. Kecepatan pemberian pertolongan akan sangat berpengaruh kepada keselamatan jiwa pasien atau dengan kata lain apabila pertolongan terlambat diberikan akan berakibat kematian.

RSUD dr. Darsono menjadi satu-satunya rumah sakit pemerintah di Pacitan yang menjadi pusat rujukan kesehatan di Kabupaten Pacitan,l. Sehingga sesuai arahan Bupati l, perlu rasanya untuk mendorong perawat dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya sebagai bekal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya dalam bidang penanganan kegawatdaruratan.

Melalui Komite Keperawatan RSUD dr. Darsono menyelenggarakan Internal House Training Aplikasi Resusitasi Cairan, EWS (Early Warning System), ICRA (Infection Control Risk Assesmen) Prosedur Inovatif. EWS adalah sistem deteksi pasien yang berisiko memburuk dalam kondisi klinis hingga kematian sedangkan ICRA merupakan suatu sistem pengontrolan pengendalian infeksi yang terukur dengan melihat kontinuitas dan probabilitas aplikasi pengendalian infeksi di lapangan, berbasiskan hasil yang dapat dipertanggungjawabkan. Dilaksanakan di Ruang Pertemuan Gedung Manajemen Lantai 3, acara dihadiri 40 perawat dan 7 bidan yang bertugas di RSUD dr. Darsono.

Pelatihan dibuka langsung oleh Direktur RSUD dr. Darsono, dr. Iman Darmawan, M.Kes. “Dengan dilaksanakan pelatihan ini mudah-mudahan dapat bermanfaat dan diharapkan memberikan kontribusi terhadap pelayanan kesehatan, meningkatnya kualitas pelayanan keperawatan, khususnya dalam memberikan asuhan keperawatan dalam upaya keselamatan pasien, selaras dengan apa yang menjadi visi misi Bupati Pacitan saat ini,” terangnya (03/02).

Sebagai narasumber dr. Zainal Abidin, Sp.An (Dokter Spesialis Anastesi), dr. Netty Nurnaningtyas, Sp.EM (Dokter Spesialis Emergency Medicine), Hesna Dwi Rahmawati, S.Kep.Ns (Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi), dan Dwi Lestari, S.Kep.Ns (Koordinator Tim Mutu Komite Keperawatan) RSUD dr. Darsono. Kegiatan diawali dengan pre test sebelum peserta mendengarkan materi dari narasumber. Berakhir pukul 13.00, pelatihan berjalan dengan lancar dan tetap semangat. (RSUD dr. Darsono/PemkabPacitan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.