Tinjau Bencana Tanah Gerak Petungsinarang Mas Aji: Prioritaskan Keselamatan Jiwa

0
11

Upaya gerak cepat dilakukan Pemkab Pacitan menyikapi bencana tanah gerak yang menimpa warga Dusun Weruteklok, Desa Petungsinarang Kecamatan Bandar. Keselamatan jiwa menjadi prioritas utama yang harus dilakukan mengingat cuaca yang masih kerap terjadi hujan.

“Yang terpenting keselamatan panjenengan, sementara prihatin rumiyin, sing penting jiwa selamat riyin,” ungkap Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji (Mas Aji) saat mengunjungi warga terdampak tanah gerak, Kamis (09/03/2023).

Mas Aji mendatangi lokasi untuk memastikan kondisi langsung di lapangan. Orang nomor satu di Pacitan itu ingin memastikan warga terdampak mendapatkan penanganan kedaruratan. Dalam kesempatan tersebut Bupati memberikan bantuan kebutuhan pokok dan sejumlah uang kepada warga.

“Dipun relokasi purun nggih,” ucapnya.

Upaya relokasi kemungkinan besar menjadi pilihan mengingat kondisi tanah yang terus bergeser dan membahayakan. Namun demikian, Mas Aji minta hal ini disosialisasikan terlebih dahulu dengan warga terdampak.

“Nek kula purun dipun pindah wong kawontenan nggih kados mekaten,” tutur Boiman salah satu warga terdampak.

Seperti diketahui, bencana tanah gerak terjadi di Dusun Weruteklok Desa Petungsinarang Kecamatan Bandar, Selasa (28/02). Akibat kejadian tersebut sejumlah rumah mengalami rusak. 11 rumah dari 13 kepala keluarga terdampak bencana alam tersebut. Sedikitnya 35 jiwa terpaksa mengungsi dan menempati tenda darurat untuk menghindari resiko yang membahayakan.

#pacitan
#prokopimpacitan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.