Pembangunan Jalur Mudik SBY ke Pacitan Telan Dana Rp47 Miliar

0
132

Pacitannews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri menyediakan dana Rp5,5 miliar untuk pembangunan jalan raya Giribelah menuju perbatasan Pacitan, Jatim, yang totalnya akan menelan biaya Rp47 miliar. Jalur Giribelah yang berada di Kecamatan Giritonto ini merupakan jalan Presiden SBY bersama keluarga ketika mudik Lebaran ke Pacitan.

“Pada 2014, proyek Jalan Raya Giribelah menuju perbatasan Pacitan dipastikan terlaksana. Pemerintah pusat memberikan pembiayaan Rp42 miliar untuk fisik jalan dan Pemkab Wonogiri mengalokasikan Rp5,5 miliar untuk pembebasan lahan warga yang terkena,” ungkap Bupati Wonogiri Danar Rahmanto, Jumat (16/5/2014).

Proyek jalan sepanjang 7 km yang membujur dari barat ke timur, mulai dari Giribelah menuju Dukuh Mukus, Desa Tlogoharjo, Pacitan ini sempat  tertunda sejak 1977 karena keuangan pemkab yang sangat terbatas, di samping masih ada sejumlah warga yang belum sepakat dengan persoalan ganti rugi.

Namun, tim yang dikoordinasi Badan Pertanahan Nasional (BPN) kini telah selesai melakukan taksir harga ganti rugi tanah warga. Ada sekitar 300 KK yang tergusur untuk proyek ini, termasuk lahan seluas 1,7 hektare milik Perum Perhutani. Pemkab Wonogiri mungkin akan menambah dana pendampingan, jika untuk kepentingan pembebasan masih kurang.

“Warga mendukung proyek jalan itu, dan semua kini semakin mengerucut. Jika sudah kelar, akan segera kami putuskan. Mudah-mudahan sebelum Lebaran sudah dikerjakan,” timpal Danar. (Widjajadi)http://news.metrotvnews.com

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.