Soedjono Wabup Pacitan Baru?

0
103

Pacitannews – Teka-teki siapa figur yang akan mengisi kursi wakil bupati (wabup) Pacitan bakal segera terjawab. Informasinya, Bupati Indartato kemarin (8/5) meluncur ke Jakarta untuk mengambil dua nama yang direkomendasikan oleh DPP Partai Demokrat. Meski belum diketahui pasti siapa pengganti Prayitno (alm) itu, kabar bahwa Soedjono yang bakal menjadi orang nomor dua di Pacitan sudah menyebar luas. Jika benar, maka Soedjono menyisihkan empat calon wakil bupati lainnya yang direkomendasikan DPC Partai Demokrat dan tiga partai koalisinya Januari 2014 lalu.

Seperti diketahui, pada 18 Januari 2014 lalu DPC Partai Demokrat Pacitan mengirimkan rekomendasi ke DPP Partai Demokrat lima bakal calon wakil bupati. Yakni, Ketua DPRD Pacitan 2009-2014 Soetopo, Ketua Dewan Pembina DPC Partai Demokrat Pacitan Soedjono, anggota DPRD Pacitan 2009-2014 Indrata Nur Bayu Aji, Munir, serta Narto SK Dentopuro. Pun, rekomendasi kelima nama itu sudah dituntaskan Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono Februari lalu.

Meski begitu, turunnya rekomendasi dari DPP Partai Demokrat untuk nama wakil bupati Pacitan itu dinilai sudah terlambat. Terlebih, ketentuan di PP Nomor 6 Tahun 2005 tentang Pemilihan, Pengesahan, Pengangkatan, dan Pemberhentian Kepala Daerah tidak mengatur pembatasan berapa lama boleh terjadi kekosongan kursi wakil kepala daerah.

Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kabupaten Pacitan Wisnu Riyatmoko mencontohkan kasus serupa di Surabaya. ‘’Terjadi kekosongan kursi wakil kepala daerah cukup lama. Belum lagi nanti proses di DPRD juga membutuhkan waktu tidak sebentar,’’ ujarnya kepada Jawa Pos Radar Pacitan, kemarin (8/5).

Wisnu juga mengkhawatirkan apabila benar satu dari dua nama yang direkomendasikan oleh DPP Partai Demokrat itu masih termasuk dalam keluarga SBY akan memunculkan friksi di kalangan masyarakat. Sebab, menurut dia, bakal ada politik dinasti di Pacitan. Meski demikian, Wisnu menyatakan siapa pun yang terpilih sebagai wabup baru adalah pilihan terbaik. ‘’Siapa pun kami merimanya (cawabup yang direkomendasikan oleh DPP Partai Demokrat, Red),’’ tegasnya.

Lebih lanjut, Wisnu berharap wakil bupati baru mampu membantu Bupati Indartato dalam menjalankan roda pemerintahan. Sebab, dia menilai saat ini Pemkab Pacitan masih memiliki banyak pekerjaan rumah yang belum terselesaikan. (her/isd)

Radarmadiun.info

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here