Bahaya air dispenser bagi kesehatan

0
173

Dispenser pastinya sudah sangat banyak sekali digunakan oleh kehidupan rumah tangga, karena memang memberikan kemudahan. Namun alat praktis untuk minum ini sebebenarnya berbahaya bagi kesehatan. Ya, berbahaya jika kita tidak memperhatikan kebersihannya secara teratur. Jika dispenser tidak dibersihkan dalam jangka waktu yang panjang, maka dispenser akan menjadi sarang bakteri jahat.

Dengan demikian, dispenser harus dibersihkan secara rutin, biasanya, galon diletakan diatas dispenser dalam keadaan terbalik, air disalurkan melalui selang yang terhubung pada dua tabung panas dan dingin. Kebiasaan buruk kita adalah ketika berulang kali mengganti galon, kita mengabaikan kebersihan dispenser, dalam hal ini adalah sisa air pada dispenser.

Faktanya, terdapat 1000ml sisa air pada dispenser dan air tersebut menjadi sarang berkembang biaknya bakteri jahat, tentunya saja, lama kelamaan akan menjadi sarangnya bakteri yang akan mengancam kesehatan tubuh. Maka dari itu, sangat disarankan bagi keluarga anda yang mengguankan dispenser untuk membersihkan dispenser secara rutin.

Memilih dispenser yang tepat sangat penting berdasarkan kebutuhan anda, jika memang anda hanya membutuhkan air panas untuk menyeduh kopi atau teh, maka dengan membeli dispenser panas saja itu sudah cukup. Namun jika anda membutuhkan air dingin, anda bisa membeli dispenser 2 fungsi, yaitu panas dan dingin, bahkan saat ini sudah ada dispenser 3 fungsi, yaitu panas, dingin dan hangat.

Cara pembersihan dispenser

Untuk melakukan pembersihan dispenser yang benar sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah. Setelah pemakain dalam jangka waktu yang panjang, biasanya dispenser akan terkontaminasi oleh endapan tipis yang sulit untuk dibersihkan, maka dari itu, ada cara yang mudah dan sehat untuk anda coba.

Iris tipis sebuah lemon, taruh dalam wadah, lalu rebus dalam air hingga mendidih, selama 2-3 jam. Nah, ketika anda mengganti air dispenser, gunakanlah air lemon tersebut untuk membersihka dispenser. Bukan hanya kotoran saja yang akan dibersihkan, namun dispenser pun akan terasa wangi akan aroma lemon.

Jadi itulah bahaya air dispenser bagi kesehatan jika dispenser tidak dibersihkan secara rutin. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.