PONTREN Al-Fattah Kikil Arjosari Pacitan

0
534

SEKILAS

Kemajuan ilmu dan teknologi serta pembangunan dalam semua bidang yang terus berlangsung merupakan kondisi yang tidak dapat dihindarkan, oleh karenanya Pesantren dituntut untuk tidak hanya berperan sebagai obyek pembangunan, tetapi sekaligus subyek yang mampu memberikan arah dan motivasi terhadap pembangunan yang penuh dinamika dan kontinuitas yang mampu mencetak generasi robbani yang handal, tangguh dan berakhlakul karimah.

PONTREN Al-Fattah Kikil Arjosari Pacitan mulai bangkit  Sejak Tahun 1977 mempunyai beberapa lembaga pendidikan antara lain MADIN, MTs,  MA yang menggunakan kurikulum KEMENAG  dan KEMENDIKBUD juga kurikulum PESANTREN untuk menyiapkan generasi yang tidak hanya cakap dalam bidang keagamaan, tetapi mampu  berperan ditengah-tengah masyarakat dalam Pembangunan bangsa dan negara di era globalisasi.

PENGABDIAN MASYARAKAT.

Selain Pendidikan Formal dan Non Formal Pondok Pesantren Al-Fattah Kikil Arjosari Pacitan tidak dapat terpisahkan dengan Masyarakat /Lingkungan, untuk menjalin hubungan dengan masyarakat maka pondok melakukan hal-hal sebagai berikut :

  1. Majelis Taklim Majelis taklim ini dilakukan bersifat kondisional, dimana pada waktu ada acara – acara tertentu masyarakat sekitar diundang dengan tujuan sebagai ajang silaturrohmi memberikan siraman rohani bagi masyarakat.
  2. Koperasi Muawanah Badan ini merupakan bentuk dari kegiatan Pondok untuk melayani masyarakat dalam bidang pemenuhan kebutuhan sehari-hari.
  3. Wartel Layahtasib Usaha ini diperuntukkan dalam melayani masyarakat umumnya khususnya para santri yang ingin memberi/menyampaikan informasi kepada sanak saudaranya,
  4. Pengajian akbar. Kegiatan pengajian akbar ini di selenggarakan sebagai bentuk pengabdian masyarakat dimana kegiatan ini diagendakan dua tahun sekali pada tahun ganjil bersamaan dengan Iftitah Dirosah dan dirangkaikan dengan kegiatan lain.
  5. Katering adalah merupakan usaha Pondok Pesantren Al-Fattah Kikil untuk ikut meningkatkan Ekonomi Masyarakat disektar Pondok.
  6. Radio Saf FM. Radio ini didirikan bukan untuk kepentingan komersial namun digunakan untuk mempermudah sarana komunikasi antar warga pesantren dan untuk kepentingan dakwah Islamiyah, diantara program siarannya adalah siraman rohani dan penyejuk Qolbu, lagu qosidah Nasyid dan Pengajian. Radio ini bergema di Gelombang FM 107, 6 MHz.

 

Sambutan Kepala Madrasah…

Bismillahirrahmanirrahiim

Alhamdulillah dan puji syukur kami panjatkan kehadirat Illahi Robbi, karena telah memberikan kesempatan dan nikmat yang luar biasa tak terhingga kepada kita semua sebagai hamba-Nya. Dengan keinginan yang menggebu-gebu disertai dengan motivasi, agar Madrasah kami bisa dikenal dan diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia pada khususnya serta masyarakat dunia pada umumnya.


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah berkembang pesat, seakan tiada terbendung lagi. Kehadiran komputer dan internet menjadi suatu percepatan yang tiada terhingga terhadap laju perkembangan ilmu pengetahuan dan informasi, yang beresiko kepada mereka yang tidak ikut andil di dalamnya, akan menjadi pengekor terhadap informasi global.

         Pontren Al-Fattah Kikil adalah lembaga pendidikan Islam yang tidak ingin tergilas oleh perputaran roda zaman yang semakin kencang ini. Sebagai sebuah madrasah yang bernaung dibawah Yayasan Pondok Pesantren Alfattah, kami merasa bangga bahwa madrasah ini mampu menetapkan suatu langkah pasti untuk berkiprah dan menyumbangkan pemikiran-pemikiran yang kreatif dan Islami di area yang luas saat ini, yaitu internet. Sederhana saja visi and misi kami dengan diluncurkannya website madrasah ini.

Informatian and Communication Technology (ICT) yang membantu dunia luas dalam berkomunikasi dan saling menyebarkan informasi adalah sarana yang handal dan patut disediakan di MA. Pembangunan sebagai salah satu madrasah di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro yang menerima dan mengelola Block Grant dari Asian Development Bank ( ADB ) melalui Madrasah Education Development Project dan juga diakhir Program ini kami juga masih dipercaya oleh Kemenag untuk mendapatkan Program Kontrak Prestasi. Kami merasa bangga dan sekaligus juga bersyukur antas bantuan tersebut dan dengan dukungan adanya Website ini Insya Allah kita akan mengarah ke jalur dunia maya agar nantinya madasah kami bisa berkembang lebih banyak orang tau. Satu langkah untuk go international rasanya bukan sekedar harapan yang muluk-muluk untuk segera kita wujudkan bersama.

          Kami sangat berharap bahwa sumbangan pemikiran kami yang akan tampil di website ini akan bermanfaat kami kemajuan madrasah ini sekaligus memberi suatu nuansa baru bagi kemajuan pendidikan di madrasah-madrasah lain di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pacitan atau yang lebih luas lagi di Indonesia. Maka kami telah membuat dan mempublikasikan website kami tercinta.

          Kami menyadari bahwa website yang kami sajikan masih jauh dari tingkatan sempurna. Hal ini disebabkan karena belum kami isi datanya secara komplit. Selama proses pembuatan website kami ini. kritik dan saran kami terima dengan tangan terbuka demi kemajuan dan perkembangan web site kami ke arah yang lebih baik.

          Akhir kata, semoga website ini dapat bermanfaat dan berguna bagi banyak pihak terutama untuk pengembangan ilmu pengetahuan.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Website : http://alfattahkikil.net