SMA Negeri 1 Pacitan

0
546

Sejarah

SMA Negeri 1 Pacitan merupakan Sekolah Menengah Atas pertama yang didirikan di Kabupaten Pacitan tepatnya pada 1 Agustus 1963. Sehingga sampai dengan tahun 2012 ini SMA Negeri I Pacitan telah genap berusia 49 tahun.

Berdirinya SMA I Pacitan dilatar belakangi akan pentingnya arti pendidikan dan semakin mendesaknya kebutuhan akan Sekolah Menengah Atas pada waktu itu, maka para tokoh masyarakat Pacitan yang tergabung dalam sebuah panitia menghasilkan kesepakatan untuk mendirikan sebuah SMA yang pada waktu itu diberi nama “SMA NEGARA PACITAN”.

Pada awal berdirinya SMA Negara Pacitan masih menyatu dengan SGA dimana tenaga pengajarnya berasal dari guru SGA, guru SMP dan tokoh masyarakat ( Dokter, Jaksa, Hakim dsb). Kepala Sekolah pada waktu itu dijabat oleh Bp. SUKARJO yang juga merangkap sebagai kepala SGA.

Pada tahun 1964, SMA memperoleh status Negeri dalam surat keputusan yang bernomor 79/SK/E.III tanggal 30 Juli 1964. Dengan status negeri inilah setapak demi setapak SMA Negeri Pacitan mengadakan pembenahan diri. Sehingga pada tahun 1966, SMA Negeri Pacitan telah berhasil meluluskan Angkatan I. Tercatat sampai dengan tahun 2012 ini SMA Negeri Pacitan telah meluluskan kurang lebih 47 Angkatan

Struktur Organisasi

STRUKTUR ORGANISASI

SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PACITAN

TAHUN PELAJARAN 2010-2011

strukorg

Visi dan Misi

Visi

BERTAQWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA, BERBUDI PEKERTI LUHUR, UNGGUL DALAM PRESTASI DAN IPTEK, BERWAWASAN LINGKUNGAN DAN GLOBAL SERTA BERAKAR PADA BUDAYA BANGSA.

Misi

  1. Melaksanakan pembelajaran secara efektif baik dari guru maupun siswa.
  2. Meningkatkan disiplin dan semangat belajar untuk meraih prestasi.
  3. Meningkatkan prestasi dibidang ketrampilan, pengetahuan, usaha dan kemandirian.
  4. Mendorong siswa memiliki kesadaran dan rasa tanggung jawab yang tinggi sehingga mampu berperan aktif dalam berbagai kegiatannasional dan internasional.
  5. Mempunyai kepedulian terhadap masalah lingkungan.
  6. Menjunjung tinggi akar budaya bangsa sebagai jati diri dan martabat bangsa.

Tujuan

  1. Terwujudnya budaya sekolah yang memiliki kepribadian luhur dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Penguasaan IPTEK dan memiliki ketrampilan belajar yang tinggi.
  3. Terwujudnya etos kerja yang tinggi, serta terciptanya suasana yang nyaman bagi semua warga sekolah.
  4. Mengembangkan kreatifitas siswa melalui kegiatan penelitian dan kegiatan ekstra kurikuler.
  5. Tersedianya sarana dan prasarana pendukung pembelajaran yang lengkap.
  6. Mengembangkan kreatifitas semua warga sekolah dalam rangka meningkatkan mutu.

Sambutan Kepala Sekolah

 

kasek
Drs. Suwondo, M. Pd

Selamat Datang di SMA Negeri 1 Pacitan !!! Puji syukur kami panjatkan ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan bimbingan-Nya SMA Negeri 1 Pacitan dapat hadir di tengah saudara. Sekalipun saat ini website kami masih pada taraf penyempurnaan, namun hal itu dikarenakan kami semua masih dalam taraf belajar untuk masuk dalam dunia teknologi informatika ( TI ).

Kalau masa lalu kata “buta huruf” berarti tidak bisa membaca dan menulis, tapi sekarang arti kata tersebut sudah bergeser bahwa orang yang buta huruf adalah orang yang tidak bisa komputer. Untuk itu sesuai dengan visi dan misinya, SMA Negeri 1 Pacitan berusaha untuk tidak terlalu ketinggalan dengan dunia TI, meningkatkan mutu pendidikan sekaligus meningkatkan pelayanan yang sebaik mungkin bagi masyarakat. Melalui website ini, SMA Negeri 1 Pacitan ingin memberikan pelayanan informasi khususnya tentang pendidikan di SMA kami.

Sebagai lembaga pendidikan, kami juga menghimbau kepada pemerhati pendidikan dan khususnya kepada alumni-alumni SMA Negeri 1 Pacitan yang saat ini sudah mahir atau sedang belajar tentang TI dimanapun anda saat ini belajar baik di PTN, PTS ataupun sudah bekerja dalam dunia TI agar sudi kiranya mengirimkan berbagai software yang berkaitan dengan pendidikan SMA atau sederajat , misalnya software tentang Proses Belajar Mengajar mata pelajaran Fisika, Biologi, Matematika, Geografi dan lain-lain maupun software-software lain yang berkaitan dengan Program Menejemen Mutu berbasis Teknologi Informasi

Kiranya tidak ada rasa bangga kecuali saudara-saudara mampu berkenan untuk membimbing kami agar lembaga kami menjadi lembaga pendidikan yang maju, bermutu serta mampu menghantarkan anak didik sesuai dengan perkembangan zaman. Amin…. 

 

Drs. Suwondo, M. Pd

 

Fasilitas …..

 

 

Untuk mendukung semua kegiatan, sekolah mempunyai fasilitas sebagai berikut :

  • 1 ruang Kepala Sekolah
  • 1 ruang Tata Usaha
  • 1 ruang Wakasek
  • 1 ruang BP/BK
  • 1 ruang guru
  • 1 ruang pertemuan guru
  • 1 ruang UKS
  • 1 ruang OSIS
  • 1 wisma guru / sanggar kesenian
  • 4 ruang sanggar (Pramuka, Teater, Smapala, PMR)
  • 24 ruang kelas
  • 1 Lab. Fisika, 1 Lab. Biologi, 1 Lab. Kimia, Lab. Bahasa
  • 2 Laboratorium Komputer
  • 1 Laboratorium Multimedia
  • 1 gedung perputakaan berlantai 2
  • 1 lapangan basket/tennis
  • 1 lapangan bola voley lapangan upacara
  • 3 tempat WC/KM siswa dan beberapa WC/KM yang menyatu dengan ruang guru, ruang KS dan ruang TU.
  • 1 Masjid Darul Ulum

website : http://www.sman1-pacitan.sch.id

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here