Kali Cokel, Alternatif Wisata Sungai Di Pacitan

0
529

Desa Watukarung merupakan salah satu Desa di Pacitan yang mempunyai banyak destinasi wisata unggulan. Selain Pantai Watukarung yang terkenal dengan spot surfingnya, adapula Pantai Kasap yang terkenal sebagai Raja Ampatnya Pacitan.

Nah, masih satu kompleks dengan kawasan Pantai Kasap, ada destinasi wisata alternatif yang layak dicoba oleh para traveler, yaitu arung Kali Cokel. Seperti halnya di Sungai Maron, kita bisa mengarungi Kali Cokel menggunakan perahu mesin. Selain itu kita juga bisa mengarungi menggunakan perahu tradisional dengan mendayung sendiri. Hanya saja arung Kali Cokel tidak sejauh Sungai Maron yang sekitar 4 km. Panjang Kali Cokel yang bisa diarungi sekitar 500 meter sehingga kalaupun mendayung sendiri tidak begitu berat.

Untuk menuju wisata Kali Cokel, arahnya sama dengan jalan menuju Pantai Kasap. Bahkan lokasi parkirnya pun jadi satu dengan lokasi parkir Pantai Kasap, karena memang Kali Cokel terletak disamping jalan menuju Pantai Kasap.

Dari loket masuk Pantai Watukarung, belok kiri ikuti terus jalan nanti melewati jembatan yang melintang di atas Kali Cokel. Sudah ada petunjuk arah, ikuti terus jalan sampai ketemu lokasi parkir Pantai Kasap.

Di sekitar lokasi parkir sudah banyak perahu motor yang siap mengantar pengunjung untuk mengarungi indahnya Kali Cokel. Hanya dengan 15 ribu rupiah per orang kita akan diajak menyusuri sungai menuju hulu terlebih dahulu. Kemudian balik menuju muara bahkan bisa sampai masuk teluk TPI Watukarung. Jika ombak sedang tidak besar, kita bisa melihat gugusan pulau raja ampatnya Pacitan langsung dari laut.

Jika ingin lebih beradventure, kita bisa menyewa perahu mancung untuk menyusuri Kali Cokel dengan mendayung. Bisa ditanyakan kepada pengelola disitu untuk menyewa perahu mancung.

Untuk arung Kali Cokel saat terbaik adalah saat air laut pasang. Saat pasang debit air sungai meningkat dan warnanya menghijau. Untuk mengetahui kapan jam air laut pasang ataupun surut bisa googling di internet, sudah banyak situs yang menyediakan informasi ini.

Satu hal yang harus diingat saat arung sungai yaitu pakailah selalu jaket pelampung, karena bagaimanapun juga keselamatan adalah yang utama.

Nah, libur nanti ayo piknik di Pacitan saja.
#ayopiknikdipacitansaja
#pacitanparadiseofjava
#pacitanadventure

(arif/danang/humaspacitan)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here